HETANEWS.COM

6 Cara Kelola Emosi pada Pengasuhan Anak Usia Dini

Ilustrasi. Foto: Shutterstock

Hetanews.com - Perkembangan emosi anak sangat dipengaruhi oleh bagaimana orang tua memperlakukan anaknya. Untuk itu, orang tua harus bisa memberi contoh yang baik pada anaknya. Orangtua juga harus mampu mengelola emosi dirinya sendiri dan membantu anak dalam mengelola emosinya.

Maka, dibutuhkan cara agar orang tua bisa mengelola emosinya. Melansir laman Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud), Minggu (18/10/2020), ini cara kelola emosi orang tua pada pengasuhan anak usia dini. Terlebih pada masa pandemi Covid-19, orang tua dan anak akan lebih sering berjumpa di rumah.

1. Kenali emosi yang muncul

Mengenali emosi yang muncul dan penyebabnya. Semakin kita jujur pada diri sendiri, maka semakin mudah kita mengenali emosi kita dan penyebabnya.

2. Pikiran negatif jadi positif

Coba ubah pikiran-pikiran negatif menjadi positif. Misalnya ketika kita berpikir bahwa 'kita tidak pernah bisa jadi orang tua yang baik'. Maka, gantilah menjadi 'kita sedang berusaha menjadi orang tua yang baik'. Ini akan membuat pikiran kita menjadi positif.

3. Sampaikan pikiran ke orang lain

Jangan takut untuk menyampaikan pikiran kita ke orang lain. Misalnya daripada menunggu orang lain untuk membantu kita membereskan piring setelah makan.

Maka lebih baik kita bilang, 'Sekarang ibu sedang marah karena tidak ada yang membantu membereskan piring. Kita sudah punya perjanjian, setiap orang wajib membereskan piring masing-masing setelah makan'.

4. Menjauh sebentar

Jika kita merasa ragu, sebaiknya menjauh sebentar. Ketika kita sedang merasakan emosi negatif dan tidak yakin bisa mengendalikannya, lebih baik kita menjauh sebentar dari orang lain sampai merasa cukup tenang.

5. Latihan kelola emosi

Coba untuk melatih kemampuan mengelola emosi setiap hari. Ada lima teknik yang bisa digunakan untuk mengelola emosi negatif kita, yaitu:

Menarik nafas dalam-dalam

Berpikir positif

Olahraga

Yoga

Membayangkan sesuatu yang positif

6. Minta bantuan para ahli

Jangan sungkan meminta bantuan para ahli seperti psikolog atau konselor jika emosi negatif kita terasa sangat mengganggu.

Sumber: kompas.com

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan