HETANEWS.COM

Mengintip 4 Kampus Aktor Drama Korea dengan Bayaran Paling Mahal

Lee Min Ho, Kim So Hyun, dan Hyun Bin (kiri-kanan) sebagai aktor-aktor dengan bayaran termahal per satu episode drama Korea Selatan. Foto: DOK. INSTAGRAM ACTORLEEMINHO, SOOHYUN_K216, WITHHYUNBIN

Hetanews.com - Pendidikan merupakan salah satu jalan meraih cita-cita dengan membekalkan diri dengan pengetahuan dan keterampilan. Dari alasan mengapa seseorang harus bersekolah yang dijelaskan Bobogrid.id di atas, tidak terkecuali aktor atau aktris juga harus menempuh pendidikan untuk mengasah kemampuannya.

Pasalnya, terdapat berbagai jurusan di perguruan tinggi yang dapat menunjang karier untuk menjadi aktor atau aktris, seperti teater, seni pertunjukkan, drama, hingga film dan televisi.

Selain melihat dari segi keahlian berperan, South China Morning Post juga pernah memperkirakan 10 aktor drama Korea Selatan yang bayarannya paling tinggi berdasarkan perkiraan pendapatan.

Mulai dari pemain drama Kim Soo Hyun “It’s Okay to Not Be Okay” hingga Lee Min-ho “The King: Eternal Monarch”, mereka pernah bersekolah di perguruan tinggi untuk mengasah kemampuan berperannya.

Berikut ini merupakan 4 universitas tempat aktor-aktor drama Korea Selatan yang bayarannya paling mahal menyelesaikan pendidikannya.

1. Universitas Chung-Ang

Universitas Chung-Ang (CAU) merupakan perguruan tinggi yang dikenal sebagai pusat “gelombang budaya Korea” di Korea hingga Asia. Kim Soo Hyun dan Hyun Bin “Crash Landing on You” pernah menempuh pendidikan pada jurusan Film dan Teater di CAU.

Keduanya merupakan aktor dengan bayaran termahal pertama dan kedua untuk bermain di drama Korea. Setiap episode, Kim Soo Hyun dibayar sebesar Rp 2,5 miliar dan Hyun Bin sebanyak Rp 1,2 miliar.

Kim Soo Hyun mendapatkan gelar sarjana (S1) pada 2009 sedangkan Hyun Bin memeroleh S1 pada 2004 dan melanjutkan studi magisternya di jurusan yang sama hingga lulus pada 2009.

Berdasarkan situs resmi Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking, CAU memiliki kekuatan unik pada program internasional karena memiliki kurikulum akademis yang sangat baik dan keragaman budaya dalam program pendidikannya.

Lembaga pemeringkat 4 International College & University (4ICU) memeringkatkan CAU sebagai perguruan tinggi ke-12 terbaik dari 190 kampus yang ada di Korea Selatan.

2. Universitas Chungwoon

Aktor dengan bayaran termahal ketiga, So Ji-sub “Oh My Venus”, pernah menempuh pendidikan di Universitas Chungwoon pada jurusan akting. Meski awalnya So Ji-sub merintis karier sebagai perenang dan model celana jeans, tetapi sekarang ia menjadi aktor dengan bayaran Rp 988 juta per episode.

Universitas Chungwoon merupakan lembaga pendidikan tinggi swasta yang berada di Hongseong, Chungcehong Selatan. Berdasarkan 4ICU, Universitas Chungwoon berada pada peringkat ke-149 dari 190 perguruan tinggi di Korea Selatan.

3. Universitas Konkuk

Universitas Konkuk (KU) merupakan almamater dari aktor drama Korea “Boys Over Flowers” dan “The King: Eternal Monarch”, Lee Min-ho. Lee Min-ho merupakan aktor Korea Selatan dengan bayaran termahal ke-4, yaitu sebesar Rp914 juta untuk satu episode.

Berdiri sejak 1931, semua program di KU telah diakreditasi penuh oleh Kementerian Pendidikan Korea dan organisasi eksternal lainnya. KU telah mendidik 2.500 siswa internasional dalam program sarjana, pasca sarjana, dan pasca doktor.

Salah satu perguruan tinggi swasta ini juga mengakomodasi Jaringan Pertukaran Global Konkuk atau K-GEN di 67 negara, termasuk Indonesia. Alamamater Lee Min-ho ini berada pada peringkat ke-18 dalam daftar universitas terbaik di Korea Selatan versi 4ICU.

4. Universitas Dongguk

Bukan hanya Hyun Bin yang merupakan aktor dengan gelar magister. Lee Seung-gi sebagai pemain drama “My Girlfriend is a Gumiho” dan acara televisi “Twogether” bahkan memeroleh dua gelar magister.

Lee Seung-gi merupakan aktor dengan bayaran termahal ke-5 dari urutan laporan South China Morning Post. Dalam satu episode, Lee Seung-gi dibayar sebesar Rp 870 juta. Ia meraih gelar sarjana di Universitas Dongguk pada jurusan International Trade and Commerce pada 2009.

Setelah itu, ia memperoleh dua gelar master (S2) untuk jurusan Trade Theory dan Finance and Cultural Contents. Universitas Dongguk ingin mengembangkan individu berbakat dengan keterampilan kepemimpinan yang akan berkontribusi untuk mewujudkan cita-cita bangsa dan umat manusia lewat penelitian, teori-teori akademis, dan metode penerapannya.

Dalam peringkat 4ICU, Universitas Dongguk menempati posisi ke-34 dari 190 perguruan tinggi di Korea Selatan. Saat ini, Universitas Dongguk membuka program beasiswa untuk mahasiswa internasional bernama SRD Scholarship Program.

Sumber: kompas.com

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!