HETANEWS.COM

Terbukti Jual Pacarnya Via MiChat, ARA Divonis 7 Tahun Penjara

ARA saat olah TKP di rumah kontrakannya. (foto/ay)

Siantar, hetanews.com - Terdakwa anak, berinisial ARA (17 tahun), terbukti menjual pacarnya, sebut saja Lia (15 tahun), divonis 7 tahun penjara dan pelatihan kerja, di Dinas Sosial, selama 3 bulan. Vonis hakim tunggal dalam sistem peradilan anak, dibacakan dalam sidang, Kamis (15/10/2020), di Pengadilan Negeri (PN) Pematangsiantar.

Vonis hakim, Vivi Siregar SH, lebih ringan dari tuntutan jaksa Anna Lusiana SH, yang sebelumnya menuntut pidana penjara selama 10 tahun, denda Rp5 milyar, subsidernya bekerja di Dinas Sosial selama 6 bulan.

ARA dinyatakan bersalah, melanggar pasal 81UU RI No.17/2016 tentang PERPPU pengganti UU No.1/2016 tentang perubahan kedua atas UU RI No.23/2002 tentang Perlindungan Anak.

Hal tersebut dibenarkan jaksa Anna, yang dikonfirmasi wartawan, Jumat (16/10/2020) siang tadi, di ruang kerjanya. Atas vonis tersebut, jaksa tidak mengajukan banding dengan alasan sudah lebih dari 2/3 dari tuntutannya.

"Tidak banding karena sudah 2/3," kata Anna.

Dalam persidangan terungkap, jika korban Lia yang lebih dulu memasang aplikasi tersebut dan dia mengajak terdakwa ARA untuk mengantarnya, dengan alasan mengambil uang. Dua sejoli ini yang sudah tinggal bersama, di salah satu rumah kontrakan, di jalan Sumberjaya Gang Kamboja, Kecamatan Siantar Martoba, sudah terbiasa melakukan layaknya suami istri.

Setelah tahu manfaat aplikasi MiChat tersebut yang digunakan korban Lia untuk mencari duit, justru semakin dimanfaatkan terdakwa. Sehingga untuk membayar kontrakan dan memenuhi kebutuhannya, ARA terus mengkomersilkan Lia seharga Rp300 ribu.

Dalam persidangan terungkap, sudah hampir 19 kali, korban dikomersilkan pacarnya ARA, pada Sabtu, 5 September 2020. Terungkapnya kasus ini, karena laporan korban bersama terdakwa ARA yang mengaku handphone hilang.

Akibat laporan tersebut, malah terungkap jika terdakwa dan korban mengkomersilkan diri. Petugas telah memeriksa ponsel korban dengan sejumlah chat, di aplikasi MiChat. Sehingga polisi melakukan penggeledahan di rumah kontrakan dua sejoli ini, yang tinggal bersama meski belum menikah.

Penulis: rahayu. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!