HETANEWS.COM

Sejumlah Tahanan Dirapid Test Sebelum Dititip ke Lapas Klas IIA Siantar

Petugas medis Lapas lakukan rapid test kepada sejumlah tahanan di Polres Siantar. (foto/ay)

Siantar, hetanews.com – Sebanyak 21 orang tahanan Polresta Siantar, dirapid test oleh petugas medis dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Pematangsiantar, Jumat (16/10/2020).

Kasi Pidum Kejari Pematangsiantar, M Chadafi SH, ketika ditanya wartawan mengatakan, tahanan tersebut akan dipindahkan dari tahanan Polres Siantar ke Lapas Siantar. Karena tahanan tersebut sudah memasuki tahap proses persidangan.

"Itu tahanan hakim karena sudah dalam proses persidangan,"jelas Chadafi, siang tadi, di kantornya.

Kasat Tahti (Tahanan dan Barang bukti) Polres Siantar,  IPTU P Nainggolan yang turut melakukan pengamanan dan pendampingan pelaksanaan rapid tersebut, mengatakan, tahanan memang sudah terlalu banyak di sel sejak masa covid. Karena Lapas tidak menerima titipan tahanan Polisi ataupun jaksa.

Hanya tahanan hakim, yang artinya tahanan yang sudah memasuki proses persidangan.

"Benar, hanya tahanan yang sudah tahap persidangan yang bisa dititipkan di Lapas. Sedangkan tahanan setiap harinya semakin bertambah dan hampir seluruh Polsek ruang tahanan full,”ungkapnya.

Setelah dirapid, tahanan tersebut dibawa petugas pengawalan tahanan (Waltah) pimpinan jaksa Christianto ke Lapas. Petugas medis yang melakukan pemeriksaan dr Ester dan Pinta Oktarina, pasca NR (non reaktif).

Aturan ini mulai berlaku sejak Maret lalu, baik pihak Polres, Kejaksaan, Pengadilan dan juga Lapas, menerapkan protokoler kesehatan (Prokes) Covid-19, guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Tahanan juga diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M).

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan