HETANEWS.COM

Gaji Guru Bakal Naik Dengan Skema Terbaru Dana BOS

Ilustrasi kegiatan belajar mengajar

Hetanews.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan resmi mengajukan perubahan skema penyaluran dana BOS. Kini dana tersebut langsung dikirimkan ke rekening sekolah, tidak lagi melalui rekening kas umum daerah.

Perubahan alur distribusi ini dilakukan untuk meningkatkan efektivitas pemanfaatan dana BOS oleh sekolah. Selain itu, proses pencairan juga menjadi lebih cepat.

Kebijakan terbaru ini disambut baik oleh pihak sekolah.

Selain mengubah jalur distribusi, pemerintah juga menetapkan kenaikan batas maksimal alokasi anggaran untuk gaji guru honorer menjadi 50 persen. Dengan adanya ketetapan tersebut, hampir dipastikan para guru honorer mendapatkan kenaikan gaji dari yang diterima saat ini.
Alur birokrasi pendistribusian dana BOS ini juga dapat mempercepat pemberian gaji untuk guru honorer. Saat ini, kata Andi, guru honorer mendapatkan gaji setiap tiga bulan, sesuai dengan waktu pencairan dana BOS.

"Kalau sebelumnya kita bayarkan cash, harapan kita (dengan kebijakan baru, gaji) bisa disalurkan lewat rekening. Lebih cepat dan untuk pertanggungjawaban kita untuk pelaporan," ujar Andi mengenai pemberian gaji guru honorer.

Pembaruan kebijakan penggunaan dana BOS ini juga akan meningkatkan kualitas pendidikan untuk siswa. Untuk siswa SMK, dana tersebut digunakan untuk menyediakan peralatan dan bahan praktik yang memadai.

Selain itu, anggaran dari dana BOS juga dialokasikan untuk pembangunan sarana dan prasarana sekolah. Tujuannya agar siswa mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap dan nyaman selama belajar di sekolah.

Penulis: ando. Editor: ando.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!