HETANEWS.COM

Sekilas tentang Topeng Budaya di Seluruh Dunia

Ilustrasi. Foto: RAMONA HIMBASAN/EYEEM/GETTY

Hetanews.com - Topeng telah digunakan di seluruh dunia selama berabad-abad untuk semua jenis perayaan agama dan budaya. Beberapa topeng menghormati mereka yang telah meninggal, beberapa mewakili hewan atau roh dan beberapa hanya menyamarkan identitas seseorang.

Sekarang, karena kita semua ditugaskan untuk memakai masker untuk perlindungan selama pandemi virus corona, Newsweek melihat jenis masker yang digunakan jauh sebelum menjadi bagian dari pakaian sehari-hari dunia.

1. Festival Berburu, Alaska

Foto: VCG WILSON/CORBIS/GETTY

Orang-orang Yup'ik dan Inupiaq mengenakan topeng selama upacara-upacara khusus, yang terpenting adalah festival berburu di tengah musim dingin. Diukir oleh atau di bawah pengawasan dukun, topeng ini terkadang mewakili pembantu spiritual dukun dan juga dapat digantung di rumah untuk menangkal roh berbahaya.

2. Mardi Gras, New Orleans

Foto: ERIKA GOLDRING/GETTY

Legalisasi topeng di New Orleans dimulai pada tahun 1827. Meskipun hanya legal pada Mardi Gras yang mengenakan topeng adalah bagian besar dari acara Cajun dan Creole tradisional dan meminimalkan perbedaan kelas.

3. Día de los Muertos, Mexico

Foto: OLEG ELKOV/GETTY

The Day of the Dead memperingati anggota keluarga yang telah meninggal dunia. Selama perayaan akhir Oktober ini, orang akan sering mengecat wajah atau memakai topeng dari tanah liat atau bubur kertas yang menyerupai tengkorak, serta membuat altar, atau ofrendas, untuk merayakan orang yang meninggal.

4. Bailes, Guatemala

Foto: WIN-INITIATIVE/GETTY

Sejak era kolonial, topeng telah dipakai dalam berbagai pertunjukan dengan naskah lengkap, yang dikenal sebagai jaminan atau danzas. Ini menceritakan kisah-kisah sejarah dan mitos. Mereka ditampilkan di festival adat dan pesta Katolik dan sering kali menggambarkan binatang, orang suci, penjajah atau prajurit Maya.

5. FESTIMA, Dédougou, Burkina Faso

Foto: ANTHONY PAPPONE/GETTY

Festival dua tahunan International des Masques et des Arts (FESTIMA) merayakan dan memamerkan topeng tradisional dari berbagai negara Afrika Barat.

Dipakai oleh penari, topeng ini terbuat dari daun, jerami dan kayu dan melambangkan pemujaan terhadap leluhur dan roh dan juga menghormati pemakaian topeng tradisional pada ritual seperti pernikahan dan pemakaman.

6. Carnevale, Venesia

Foto: MASSIMO CALMONTE/GETTY

Berasal ratusan tahun yang lalu, orang Venesia akan menyamar selama Carnevale di Venezia, festival tahunan yang menarik ribuan wisatawan. Selama penaklukan Prancis dan pendudukan Austria, pemakaian topeng dilarang, meski tradisi itu muncul kembali pada 1979.

7. Tari Kandyan, Sri Lanka

Foto: JOHN S LANDER/LIGHTROCKET/GETTY

Beragam tarian tradisional mengusir setan, memberikan hiburan dan menyembuhkan orang sakit. Sebagian besar menggunakan topeng yang dibuat selama proses panjang menggunakan kayu dari pohon Kaduru setempat. Setiap topeng terkait dengan bagian cerita rakyat atau karakter tertentu

8. Topeng Bali, Bali

Foto:ERIC LAFFORGUE/ART IN ALL OF US/CORBIS/GETTY

Berakar pada animisme kepercayaan bahwa tumbuhan, benda mati, dan fenomena alam lainnya memiliki jiwa  topeng ini dipandang sebagai cara bagi roh untuk mengunjungi dunia fisik.

Mereka disimpan untuk digunakan hanya selama upacara sakral, tetapi wisatawan dapat membeli topeng yang dibuat khusus untuk keperluan dekoratif..

9. Noh Theater, Jepang

Foto: YUJI SAKAI/GETTY

Teater Noh yang semuanya laki-laki, yang dikembangkan pada abad ke-14, adalah seni teater besar tertua yang masih dipertunjukkan secara rutin. Tokoh utama, atau shite, akan memakai topeng yang terbuat dari kayu cemara Jepang yang memberi tahu penonton seperti apa karakter yang diharapkan.

Sumber: newsweek.com

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan