Hetanews.com - Tim Intelijen Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) akhirnya berhasil menangkap buronan terpidana kasus korupsi di Toba Samosir, yakni seorang ASN berinisial EPP.

Untuk diketahui, EPP masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Kejaksaan Negeri (Kejari) Toba Samosir setelah ia dinyatakan bersalah dalam kasus korupsi sesuai putusan Makamah Agung RI Nomor 1928K/Pid.sus/2018.

Asintel Kejatis Sumut Dwi Setyo Budi Utomo SH, MH dalam keterangannya mengatakan bahwa penangkapan EPP dilakukan pada Senin (12/10) pukul 19.00 WIB di Jalan Rawe, Martubung, Kecamatan Medan Labuhan.

EPP terbukti bersalah dalam kasus dugaan penguasaan, kepemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah berupa kegiatan belanja sertifikat TA 2014, dengan pagu Rp1,3 miliar.

"Terpidana EPP terbukti bersalah dan sah melakukan tindak pidana korupsi berdasarkan putusan Makamah Agung RI Nomor 1928K/Pid.sus/2018," kata Dwi Setyo.

Kemudian, dalam putusan Mahkama Agung pada 19 November 2018, menetapkan terpidana terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi Dengan amar putusan menjatuhkan pidana 1 tahun dan hukuman pidana denda sejumlah Rp50 juta.

Dalam putusan ditegaskan, apabila denda tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama bulan dan menghukum terpidana untuk membayar uang pengganti Rp740 juta lebih.

Sumber: indozone.id