HETANEWS.COM

Cerita Dua Penjual Ikan Cupang Di Pematangsiantar

Foto: Salah seorang pembeli memilih ikan cupang di tempat penjualan ikan cupang milik Dedi di Jalan Mariam Tomong, Kota Pematangsiantar, Jumat (9/10/2020).

Siantar, Hetanews.com – Memelihara ikan cupang termasuk salah satu kegiatan yang cukup menarik untuk dilakukan dimasa pandemi Covid 19. Selain mengisi kekosongan di rumah, Ikan Cupang juga dapat dibudidayakan.

Dedi, salah seorang penjual ikan hias dan cupang di seputaran Jalan Mariam Tomong mengakui Cupang jenis Halfmoon sedang digandrungi.  Disamping itu ada ikan lele yang diminati.

“Paling banyak dibeli orang ya ikan Halfmoon ini, ikan lele juga banyak. Disamping harganya terjangkau, corak warna dari ikan ini juga menyejukkan mata pecintanya,” ujar Dedi ditemui di Jalan Mariam Tomong, Jumat (9/10/2020).

Menurut pria yang tinggal di Beringin Jalan Medan ini, harga satu ekor Halfmoon yang ia jual relatif murah. Pun demikian, menurut Dedi  permintaan pasar ikan cupang tersebut tidak terlalu melambung tinggi

“Jarang juga orang yang datang beli ikan cupangku ini, tapi sebelum corona ini biasanya aku seminggu dua kali belanja. Sekarang dalam seminggu hanya sekali belanja,” kata Dedi,

Berbeda dengan Dedi. Firman Simatupang penjual ikan cupang di Jalan Kartini mengaku mendulang banyak untung di masa pandemi. Selain menjual, Firman juga menjadi distributor ikan cupang.

“ Per dua hari, dua ratus ekor ikanku terjual habis karena orang-orang kan mengambil sepuluh, atau dua puluh ekor untuk kemudian dijual lagi,” kata Firman ditemui di kios ikanya.

“Aku belanja kemarin ada seribu ekor, dan tinggal sedikit sisanya. Kalau anak sekolah masuk, per minggu bisa terjual sebanyak lima ribu ekor. Karena aku jualnya lima ribu dapat tiga ikan,” katanya menambahkan.

Pria yang bermukim di Jalan Bahkora ini menuturkan, selama 15 tahun menjual ikan cupang, ia pernah menjual satu ekor cupang hias  dengan harga kisaran Rp 1 Juta. Jenis ikan cupang hias menjadi incaran para peminatnya yang biasanya akan ikut kontestasi.

Penulis: Desi Manalu. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan