Siantar, hetanews.com - Inilah sedikit informasi tentang  Herrus Batubara SH MH, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pematangsiantar yang tutup usia pada 56 tahun (1964 -2020).

Menjabat sebagai Kajari Pematangsiantar, sejak dilantik oleh Kajatisu, pada 14 Januari 2020, namun beliau mulai aktif melaksanakan tugas sebagai Kajari Pematangsiantar, pada Senin, 20 Januari 2020.

Artinya, belum sampai 1 tahun, atau baru 8 bulan,  almarhum menjalankan amanahnya, sebagai pimpinan tertinggi di Kejari Siantar.

Pertama kali melaksanakan tugas, dalam wawancaranya dengan hetanews, beliau memaparkan secara singkat perjalanan karirnya.

Sebelum menjabat Kajati Pematangsiantar, Herrus menjabat  Asisten Pidana Umum (Aspidum) di Kejati NTB. Dirinya masuk ke Kejaksaan Republik Indonesia, pada tahun 1992 dan menjadi jaksa pertama tahun 1995, di Alor provinsi NTT. Beberapa kali mutasi ke Bengkalis, Kalimantan Tengah, koordinator di Kejatisu, Kajari di Dolok Sanggul tahun 2011 dan Kajari di Sragen Jawa Tengah.

HR Batubara menggantikan Kajari sebelumnya, Ferziansyah Sesunan yang telah dimutasi ke Kajati Bandar Lampung, memasuki masa purnaja.

Diawal melaksanakan tugas, Herrus mengadakan silaturrahmi dengan seluruh jajarannya dari semua pegawai, jaksa dan para Kasi, di aula kantor tersebut sebagai perkenalan.

Baca juga: Kabar Duka! HR Batubara Kajari Pematangsiantar Meninggal Dunia

Herrus mengaku bermarga Batubara dari Balige. "Saya Batubara dari Balige, jadi Siantar sudah tidak asing lagi buat saya dengan harapan dapat memberikan yang terbaik untuk Sumut khususnya Siantar,"ucapnya waktu itu.

Dalam wawancara ketika itu, Herrus memiliki 2 putra dan 2 putri serta seorang istri yang setia mendampinginya.

Sosok HR Batubara terkenal cukup pendiam di kantor. "Bapak tidak cerewet, tidak banyak tuntutan dan lebih banyak di ruangan kalau sudah masuk kantor," kata beberapa pegawai di kantor itu.

"Makanya kami sangat terkejut waktu Bapak tiba - tiba jatuh dan tidak sadarkan diri, sampai akhirnya pergi meninggalkan kita semua,"katanya. Selamat jalan Pak Kajari Siantar...