HETANEWS.COM

Penularan Menurun, Satgas Covid-19 Sumut Gencarkan Kampanye 3M

Ilustrasi kampanye protokol kesehatan. Foto: ANTARA

Medan, hetanews.com - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) gencar melakukan kampanye 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan). Meski penanganan membuahkan hasil positif, tetapi masih ditemukan adanya pelanggaran protokol kesehatan oleh masyarakat.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sumut, Whiko Irwan mengatakan kampanye 3 M terus dilakukan untuk menyadarkan masyarakat atas pentingnya melindungi diri sendiri, keluarga tercinta maupun orang sekitar dari penularan Covid-19. Kampanye ini terus digencarkan tanpa batas waktu selama pandemi itu masih berlangsung.

“Kita meminta seluruh perkantoran swasta, pemerintahan, tokoh masyarakat, pemuda dan pemuka agama, juga turut dalam kampanye tersebut. Sudah banyak hasil yang positif atas gencarnya kampanye ini, yang mana kesadaran masyarakat semakin meningkat. Ini patut untuk diapresiasi,” ujar Whiko di Medan, Sumut, Selasa (6/10/2020).

Disebutkan, jumlah kasus positif Covid-19 di Sumut, hingga Selasa pagi, mencapai 10.771 orang, atau dalam sepekan bertambah 644 kasus. Angka kesembuhan dalam sepekan bertambah 1.103 orang, sehingga total kesembuhan mencapai 7.666 orang.

Untuk angka kematian sebanyak 446 orang, atau bertambah 22 orang selama sepekan. Berdasarkan rekapitulasi minggu pertama pada awal Oktober 2020, angka kesembuhan meningkat 6,46 poin. Angka kesembuhan sudah mencapai 70,63%.

Sementara angka kematian juga mengalami penurunan sekitar 0,5 poin, yang dibandingkan dengan pekan sebelumnya menjadi 4,14%. Tenaga kesehatan masih terus berjuang menyelamatkan pasien.

Untuk kasus Covid-19 aktif pada 4 Oktober 2020, sebesar 2.694 orang. Angka ini kemudian menurun 481 poin dibanding minggu sebelumnya 3.175 orang. Dari angka tersebut, 2.147 penderita konfirmasi (79,69%) melaksanakan isolasi mandiri dan 547 penderita konfirmasi (20,30%) dirawat isolasi di rumah sakit.

Sumber: beritasatu.com

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan