Hetanews.com - Pemakaian masker kain berbahan sutra ternyata memang lebih baik bila dibandingkan dengan masker kain berbahan katun. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian terbaru dari University of Cincinnati, Amerika Serikat yang diterbitkan dalam jurnal Plos One memaparkan tentang hal ini.

Disebutkan, masker sutra memungkinkan penggunanya lebih nyaman bernapas dan tidak mudah lembap. Selain itu, masker sutra memiliki sifat antimikroba, antibakteri, dan antivirus yang mirip dengan masker medis.

Bukan hanya dari sisi kesehatan, penggunaan masker sutra ternyata berdampak baik terhadap kesehatan kulit wajah. Tak bisa dipungkiri, sejak penggunaan masker menjadi hal wajib dalam aktivitas sehari-hari masalah kulit di area yang tertutup masker meningkat.

Sebut saja mask acne, iritasi, dan ruam, menjadi problem yang kerap muncul menyusul kebiasaan memakai masker. Nah, masker sutra dikatakan bisa mencegah masalah-masalah kulit tersebut.

Dokter kulit dan ahli bedah dermatologi dari New York, Howard Sobel menyatakan, masker sutra telah terbukti mencegah iritasi pada wajah.

Sobel menjelaskan, mask acne terjadi karena adanya gesekan, panas, kelembapan, dan pori pori yang tersumbat saat memakai masker kain atau masker bahan tebal lainnya. Masker sutra bisa menjadi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut.

“Masker sutra sangat bermanfaat bagi yang memiliki kulit sensitif," kata dia.

"Beberapa bahan yang digunakan pada masker memang bisa menimbulkan iritasi dan bintik-bintik," kata Sobel dalam laman Refinery29.

Ia menambahkan, sutra termasuk bahan yang bisa mendinginkan kulit. Secara alami sutra memiliki sifat hipoalergenik dan cenderung menyerap lebih sedikit kelembapan. Dengan begitu masker sutra tidak membuat kulit kering seperti yang kerap terjadi saat memakai masker katun.

“Sutra tidak menyumbat pori-pori. Jadi memakai masker berbahan sutra bisa memberikan manfaat tambahan seperti mencegah kulit berminyak dan jerawat,” imbuh Sobel.

Meskipun masker sutra lebih bersahabat bagi kulit dibandingkan masker katun, namun kebersihan tetap merupakan faktor penting yang tak boleh terlupakan.

Masker sutra juga harus selalu dicuci sehabis digunakan. Pastikan masker sudah benar-benar kering ketika hendak dipakai. Selain itu, apabila masker yang dipakai sudah terlalu basah, segera ganti dengan masker baru agar wajah tidak lembap.

Sumber: kompas.com