HETANEWS.COM

Nama Putin Terseret di Pusaran Kasus Keracunan Alexei Navalny

Politisi oposisi Rusia Alexei Navalny. Foto: AFP

Moskow, hetanews.com - Nama Presiden Rusia Vladimir Putin terseret dalam pusaran kasus dugaan diracunnya tokoh oposisi Alexei Navalny. Navalny menegaskan dirinya tak takut dengan apa pun. Seperti dilansir Reuters, Kamis (1/10/2020), Navalny diterbangkan dari Rusia ke Berlin, Jerman, pada Agustus lalu setelah dia jatuh sakit dalam penerbangan domestik.

Navalny kemudian menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Charite, Berlin. Otoritas Jerman dalam pengumumannya menyebut hasil pemeriksaan menunjukkan Navalny diracun dengan agen saraf Novichok yang mematikan.

Setelah sempat koma, Navalny mengalami pemulihan dan diperbolehkan keluar dari rumah sakit pekan lalu. Dalam wawancara dengan media terkemuka Jerman, Der Spiegel, Navalny menyebut nama Putin saat ditanya soal dugaan diracunnya dirinya.

"Saya mengklaim bahwa Putin ada di balik kejahatan tersebut dan saya tidak memiliki versi lain atas apa yang terjadi," tegas Navalnya kepada Der Spiegel. Wawancara ini akan diterbitkan pada Kamis (1/10) malam waktu setempat

Jerman dan negara-negara Barat lainnya menuntut penjelasan dari Rusia, yang telah membantah terlibat dalam kasus Navalny dan menyatakan belum melihat bukti adanya tindak kejahatan.

"Anda tidak merasakan sakit apapun, tapi Anda tahu Anda sedang sekarat," tutur Navalny soal momen-momen saat agen saraf Novichok berdampak padanya.

Kepada Der Spiegel, Navalny menyatakan dirinya akan kembali ke Rusia nanti.

"Tugas saya sekarang adalah tetap tidak takut. Dan saya tidak takut!" tegasnya.

Seorang aktivis politik yang membantu menerbangkan Navalny ke Jerman, menuturkan bahwa dibutuhkan waktu setidaknya sebulan bagi Navalny untuk kembali bugar. Ditegaskan aktivis itu bahwa Navalny jelas ingin kembali ke Rusia dan melanjutkan aktivitas politiknya.

Sumber: detik.com

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan