HETANEWS.COM

Gagal Curi Lembu, Kumis Dituntut 7 Tahun Penjara, 2 Terdakwa Lainnya Masing-masing 5 Tahun

Tiga terdakwa gagal curi lembu, diancam 7 dan 5 tahun penjara, disidang online PN Simalungun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Boimin als Kumis (53), merupakan seorang residivis dalam kasus spesialis mencuri ternak lembu, kembali diancam hukuman 7 tahun penjara oleh jaksa Devica Octaviniwaty SH, disidang online PN Simalungun, Kamis (1/10/2020).

Sedangkan 2 terdakwa lainnya, Dedi Ismanto dan Aldy Syahputra, masing - masing dituntut hukuman 5 tahun penjara. Para terdakwa dipersalahkan jaksa, melanggar pasal 363 ayat (1) ke-1 dan 4 KUH Pidana.

Menurut jaksa, terdakwa Boimin, merencanakan pencurian lembu dan menyuruh terdakwa Dedi untuk menyewa mobil truk. Setelah menyewa truk milik Feri Irawan, terdakwa menjemput terdakwa Aldy, Rizky dan Babe (Babe).

Mereka melakukan aksinya, pada Jumat, 19 Juni 2020 lalu, di Huta Pelita Baru, Desa Maligas Bayu, Kecamatan Hutabayu Raja. Usai melakukan pengintaian, terdakwa menuju kandang sapi milik Dedy Syahputra dan berhasil mengikatkan tali ke-2 ekor lembu betina milik korban.

Namun sekitar 50 meter diteriaki "maling" oleh warga. Terdakwa Aldy berlari menuju truk dan membangunkan terdakwa Dedi untuk segera pergi dari tempat menunggu.

Naas, setelah mesin mobil menyala, warga sudah menghadang dan menangkap para terdakwa. Sedangkan Rizky dan Babe, berhasil melarikan diri.

Para terdakwa dalam persidangan, siang tadi, memohon kepada hakim agar hukumannya diringankan. Karena menyesali perbuatannya dan berjanji akan bertaubat.

Persidangan dipimpin ketua majelis hakim, Roziyanti SH, menunda persidangan hingga Rabu mendatang, untuk membacakan vonis.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan