HETANEWS.COM

IRT Pencuri 2 Truk Sawit Tak Bisa Buktikan Kepemilikan

Proses persidangan yang digelar secara online di Pengadilan Negeri Simalungun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Seorang ibu rumah tangga (IRT), Musita Damanik (53), warga Huta III Desa Marihat Mayang, Kecamatan Hutabayu Raja, disidangkan bersama 2 terdakwa lainnya, Pancar Asmoro dan Timbul Panjaitan, warga yang sama. Para terdakwa disidangkan secara online, di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Kamis (1/10/2020).

Agenda persidangan siang itu, mendengarkan keterangan saksi-saksi. Menurut saksi, Imran Daulay, Mahyudin dan Heryanto, mereka melakukan penangkapan bersama anggota Polres Simalungun, M Syarif dan Jefri Girsang, pada Kamis, 14 Mei 2020, lalu.

"Kami menghentikan 2 truk pengangkut sawit yang dikemudikan Dedy dan Risky,"katanya dalam persidangan online, dipimpin hakim, Hendrawan Nainggolan.

Sebelumnya, dalam surat dakwaan jaksa Augus Vernando SH menyebutkan, jika sawit yang diambil terdakwa Musita, bersama 2 anggotanya, Pancar Asmoro dan Timbul Panjaitan, dari blok XV di Huta III Nagori Marihat Mayang adalah lahan milik Anwar dan Alexander Jingga, atas nama CV Sinar Kurnia Mandiri.

Terdakwa Musita memerintahkan Pancar, Timbul dan Gunawan Damanik, Renaldo Sihotang, bersama Dian Toro (masing masing menjadi DPO) untuk memanen buah sawit yang diklaimnya adalah miliknya. Tapi terdakwa Musita tidak dapat menunjukkan bukti kepemilikan atas buah sawit yang ada, di objek SHM No.129 dan sertifikat No.115 milik CV Sinar Kurnia Mandiri.

Para terdakwa dijerat jaksa, melanggar pasal 363 (1) ke-4 Jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUH Pidana. Barang bukti 253 tandan berhasil diamankan dengan total kerugian Rp.7.616.340.

Didampingi pengacaranya, para terdakwa membenarkan sebahagian keterangan saksi. Untuk mendengarkan tuntutan jaksa, persidangan ditunda hingga satu Minggu.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan