HETANEWS.COM

Gerakan Kolom Kosong Butuh Solidaritas Luas Masyarakat

Siantar, Hetanews.com - Paslon tunggal pilkada siantar Asner-Susanti akan berhadapan dengan kolom kosong pada pilkada serentak yang digelar 9 Desember 2020 mendatang. 

Pasangan calon yang didukung 100% kursi di DPRD Pematangsiantar itu, mendapat tempat di posisi sebelah kiri surat suara. Sementara di posisi sebelah kanan adalah kolom kosong.

Sejumlah elemen kelompok masyarakat mulai angkat suara terkait ini. Beberapa diantaranya menjatuhkan pilihannya kepada kolom kosong atau paslon tunggal. 

Hetanews merangkum sedikitnya ada dua kelompok yang mengatasnamakan diri mereka sebagai pemilih kolom kosong di media sosial seperti Facebook. Salah satunya Lawe Koko (Kolom Kosong). 

Meski belum mendeklarasikan diri, Lawe Koko sudah mulai mengajak warga yang sependapat untuk meleburkan diri melalui laman sosial media masing masing.

Hingga kini, kata Antoni, ada beberapa orang yang telah siap menjadi relawan kolom kosong di TPS nantinya.

"Lawe Koko itu Lawe Kolom Kosong. Setelah terbentuk strukturnya, rencananya nanti akan ada saksi di TPS. Kalau strukturnya sudah ada, kami akan konsultasi seperti apa mekanismenya," ujar Antoni Damanik, dihubungi via telepon, Rabu (30/9/2020).

Meski begitu, Antoni mengakui seruan kolom kosong masih menggema hanya di media sosial. Dalam prakteknya di lapangan, kelompok masyarakat pemilih kolom kosong belum bergerak.

"Saya melihat masih liar, sebatas di medsos belum ada yang nyata," ucapnya. 

Sementara itu Ketua Bawaslu Pematangsiantar, M Syafii Siregar menuturkan, sejauh ini belum ada regulasi terkait kolom kosong. 

Dengan adanya paslon tunggal pada pilkada serentak tahun ini, menurut Syafii, sedikit banyaknya mempengaruhi sikap politik masyarakat.

"Tidak ada regulasi terkait kolom kosong. Misalnya aturan soal berkampanye. Yang berkampanye kan harus ada tim-nya," kata Syafii dihubungi terpisah.

Menurut M Syafii Siregar, pemilih kolom kosong lebih tepat disebut sebagai pemilih yang tidak setuju karena hanya ada paslon tunggal, sehingga memilih kolom kosong.

Penulis: huget. Editor: ando.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan