HETANEWS.COM

Nekat Bantu Anaknya Menikah Lagi, Sarman Terancam 6 Bulan Penjara

Terdakwa Sarman disidangkan online melalui vidcon. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Sarman (68), penduduk Huta VI Bandar Rejo, Nagori Bandar Masilam, dituntut pidana penjara selama 6 bulan oleh jaksa Fransiska Sitorus SH.

Ancaman hukuman itu, dibacakan jaksa, dalam persidangan online PN Simalungun, Selasa (29/9/2020).

Terdakwa dipersalahkan jaksa, melanggar pasal  266 (1) jo pasal 55 (1) ke-1 KUH Pidana. Sebelumnya, terdakwa tidak ditahan jaksa, namun pasca penetapan hakim usai pembacaan surat dakwaan, hakim memerintahkan agar terdakwa ditahan, di Lapas.

Menurut jaksa, terdakwa Sarman diduga memberikan surat keterangan palsu (KK dan keterangan status perjaka anaknya) agar Sunarto bisa menikah lagi. Terdakwa datang ke kantor Pangulu Bandar Rejo, meminta agar dikeluarkan surat keterangan untuk nikah (N1) dan N2 sebagai kelengkapan berkas ke KUA.

Dengan KK palsu yang diberikan maka terbitlah rekomendasi dari KUA, agar Sunarto (DPO), bisa menikah di Medan.

Sunarto berhasil menikahi saksi korban, Suryani Ulfa Nasution dan terbitlah buku nikah. Padahal terdakwa tahu, jika Sunarto telah menikah dengan Apriyanti Lestari.

Saksi korban merasa ditipu karena Sunarto secara leluasa meminta dan menghabiskan uang, juga perhiasan korban. Saksi korban merasa keberatan dengan ulah Sunarto yang sudah membohongi keluarganya.

Atas tuntutan pidana itu, terdakwa memohon kepada hakim agar hukumannya diringankan. Dengan alasan menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi lagi.

Untuk mempertimbangkannya dalam putusan, ketua majelis hakim, Hendrawan Nainggolan didampingi hakim anggota, Yudi Sharma SH dan R Sormin SH, menunda persidangan hingga Selasa mendatang.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan