HETANEWS.COM

2 Pekan Digelar, 2.348 Orang Terjaring Operasi Yustisi Cegah Corona di Medan

Operasi Yustisi di Medan

Medan, hetanews.com - Operasi yustisi terkait penerapan protokol kesehatan pencegahan virus Corona (COVID-19) digelar di Medan, Sumut. Ada 2.348 orang yang terjaring operasi yang telah digelar sekitar 2 pekan.

"Untuk tindakan fisik ada 2.348 orang," kata Sekretaris Satpol PP Kota Medan, Rakhmat, saat dimintai konfirmasi, Senin (28/9/2020).

Rakhmat juga memaparkan data hasil operasi yustisial terhadap pelanggaran protokol kesehatan COVID-19 di wilayah Polda Sumut. Laporan tersebut berisi lokasi penertiban, tindakan fisik, jumlah kartu identitas, dan rincian kabupaten/kota identitas pelanggar.

Operasi yustisi itu dimulai pada Senin (14/9). Lokasi penertiban dalam laporan yang dipaparkan itu berada mayoritas di wilayah Medan, mulai dari Lapangan Merdeka, Simpang Aksara, Jalan SM Raja, Flyover Brayan, dan lokasi lainnya.

Selain tindakan fisik, ada pelanggar yang dikenai hukuman penahanan kartu identitas. Total, ada 758 lembar kartu identitas yang ditahan sejak operasi yustisi digelar mulai Senin (14/9) hingga Senin (28/9).

"Jumlah kartu identitas 758 lembar," ujar Rakhmat.

Dia mengatakan ada juga hukuman sosial yang diterapkan kepada para pelanggar. Antara lain menyapu fasilitas umum hingga menyanyikan lagu wajib nasional.

"Penahanan KTP, hukuman sosial dengan menyapu, hukuman push up dan menyanyikan lagu wajib nasional," ujar Rakhmat.

Operasi yustisi ini sendiri dinilai Satgas COVID-19 Medan memberi efek perubahan perilaku warga Medan. Warga disebut lebih sadar terhadap pentingnya memakai masker hingga menjaga jarak.

Sumber: detik.com

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan