HETANEWS.COM

Datangi KPU, Ketua LSM Macan Habonaran Pertanyakan Keabsahan Administrasi Anton Saragih

Foto Ketua LSM Macan Habonaron, Jansen Napitu dan surat yang dilayangkan untuk KPU Simalungun dan Dinas Capil Simalungun. (foto/dn)

Simalungun, hetanews.com - Ketua Pelaksana Harian Napitu, Boru dan Bere se Indonesia, dan sekaligus Ketua LSM Macan Habonaron, Jansen Napitu, mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Simalungun, guna mempertanyakan keabsahan  administrasi salah seorang calon Bupati Simalungun, Anton Saragih, Senin (28/9/2020) siang, sekitar pukul 11:30 WIB.

Kepada wartawan, Jansen Napitu mengharapkan agar pihak KPU Simalungun memeriksa dan melakukan pengkajian kembali atas data yang digunakan calon Bupati Simalungun tersebut. “Termasuk soal marganya (Anton Achamad Saragih,red),”ujarnya.

Baca juga: Disdukcapil Simalungun Tak Berani Perlihatkan Data Anton Saragih, Ada Apa? Kadisnya Susah Dihubungi!

Baca juga: Nama Orangtua Anton dan JR Berbeda di Ijazah, SaLing Pertanyakan Hubungan Saudara Kandung Keduanya

Baca juga: Calon Bupati Simalungun Mohonkan Penyesuaian Perubahan Identitas di Pengadilan Simalungun

Disisi lain, Jansen yang berkantor, di jalan Perwira no 57/67 Siantar ini, mengkritisi pihak Pengadilan Negeri (PN) Simalungun yang dipandang sangat terburu-buru dalam menetapkan dan memutuskan status pemohon dengan ditetapkannya nama dari Anton Ahcmad Saragih.

Sementara itu, Ketua KPUD Simalungun, Raja Ahab Damanik, yang berhasil dimintai keterangannya, terkait pengaduan Ketua LSM Macan Habonaron yang menduga adanya kejanggalan dalam persyaratan salah satu calon Bupati Simalungun yaitu terkait nama dan marga pada data yang diserahkan, mengatakan, bahwa untuk ijazah calon Bupati Simalungun itu (Anton Saragih,red), bukan ranah KPUD.

Bahwa nama, marga dan juga gelar, itu hak perorangan. Namun hal itu sudah diputuskan oleh pihak Pengadilan, ujarnya.

“Pengadilan Negeri Simalungun menyebutkan, bahwa sejumlah nama itu benar dan orang yang sama, “tegasnya.

Bahkan pengakuannya, bahwa KPUD Simalungun juga sudah melakukan kroscek ke sekolah dimaksud dan hasilnya yang didapat, pihak sekolah membenarkan, telah mengeluarkan ijazah pada atas nama tersebut, sehingga  tidak ada masalah lagi.

Penulis: dani. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!