HETANEWS.COM

Sejumlah Jaksa dan Pegawai Kejari Siantar Diswab Test, Hasilnya 14 Hari Lagi

Swab test jaksa dan pegawai Kejari Siantar, di rumah singgah. (foto/ay)

Siantar, hetanews.com - Sejumlah jaksa, para Kepala Seksi (Kasi), pegawai dan honorer, diswab test, sebagai langkah pencegahan klaster baru penyebaran Covid-19, di Kota Pematangsiantar.

Setidaknya 1000 alat swab test diterima Pemko Pematangsiantar dari Pemerintah Provsu. Swab dilakukan di rumah singgah, jalan SM Raja, Kamis (24/9/2020) oleh tenaga medis Dinkes Pematangsiantar.

Kepala Bagian Kepegawaian dan Pembinaan Kejari Pematangsiantar, Elyna Simanjuntak SH yang ditanya wartawan, pagi tadi mengatakan, Kejaksaan mendapatkan kuota 50 orang yang diswab secara gratis. "Kami dapat kuota 50 orang, kalau secara keseluruhan termasuk pegawai honor 62 orang. Jadi ada yang cuti, dan gak masuk karena sakit, maka digantikan dengan pegawai honor,"jelas Elyna.

Namun sangat disayangkan, karena hasil swab baru selesai 2 Minggu mendatang. Menunggu hasilnya 14 hari ke depan, si pasien sudah berinteraksi kemana - mana, bagaimana jika hasilnya positif?.

Salah seorang petugas medis yang melakukan registrasi pasien yang akan diswab mengatakan "2 Minggu Bu, sudah ditinggalkan nomor Hp-nya?, nanti dikabarin. Karena harus mengirim sample pasien ke Medan,"katanya.

Swab test yang dilakukan pihak Dinkes ini, berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB, sejak Rabu (23/9/2020), lalu.

Rencananya, masing - masing instansi mendapatkan kuota 50 orang.

Sebelumnya, seluruh pegawai dan hakim Pengadilan Negeri (PN) Pematangsiantar juga diswab, sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Pematangsiantar.

Terlihat di rumah singgah pagi itu, setiap orang yang ingin diswab, terlebih dulu mendaftar ke panitia, dengan melampirkan KTP dan mencantumkan nomor Hp.  Karena hasilnya akan diinformasikan kepada yang bersangkutan.

Sejumlah pegawai dari Kejaksaan Negeri Pematangsiantar, berterima kasih kepada Pemko karena bisa memberikan pelayanan swab gratis tersebut. Sebab jika melakukan swab mandiri akan menghabiskan biaya sekitar Rp2 jutaan.

Menurut Elyna, jika nantinya ada pegawai yang terpapar, maka harus isolasi mandiri dan tidak dibenarkan masuk ke kantor hingga benar - benar sembuh.

Saat ini, Kejari Pematangsiantar tetap mengikuti standard protokoler kesehatan Covid-19.

Para tamu dan pegawai harus menggunakan masker, mencuci tangan sebelum masuk dengan sabun atau handsanitizer yang disediakan dan juga pengecekan suhu oleh petugas piket.

Penulis: rahayu. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan