HETANEWS.COM

Hakim Ringankan Vonis Vijay Pemilik 2 Paket Sabu Jadi 4 Tahun Bui

Terdakwa dikawal petugas mengikuti sidang online. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Vijay Pranata (23), warga Karang Anom Panei Tongah, Kabupaten Simalungun, divonis 4 tahun penjara, denda Rp900 juta, subsider 6 bulan penjara oleh hakim PN Simalungun, Kamis (24/9/2020), melalui sidang online dengan menggunakan teleconference.

Vonis hakim, pimpinan Hendrawan Nainggolan, lebih ringan dari tuntutan jaksa, H Ronald MO SH, yang sebelumnya menuntut pidana penjara selama 5 tahun, denda Rp800 juta, subsider 6 bulan penjara.

Terdakwa dinyatakan telah terbukti bersalah, melanggar pasal 112 ayat (1) UU RI No.35/2009 tentang tanpa hak atau melawan hukum memiliki narkotika golongan I bukan tanaman. Vijay juga dibebankan membayar ongkos perkara sebesar 5 ribu rupiah.

Menurut hakim dan jaksa, terdakwa ditangkap Satres Narkoba Polres Simalungun, pada Rabu, 18 Maret 2020, lalu, di rumah makan Umy Rayhan, Simpang Karang Anom Panei Tongah. Vijay disuruh mengambil handphone Robi Setia Pratama (DPO) yang tinggal di warung.

Saat masuk ke warung, langsung ditangkap oleh saksi Efraim Purba, Sandro Purba dan Mario Hutauruk. Sedangkan Robi melarikan diri. Barang bukti, 2 paket sabu seberat 0,79 gram yang disita dari terdakwa, dinyatakan dimusnahkan.

Barang bukti tersebut, diakui milik Robi yang baru saja dibeli dari seseorang, di Gang Puri, Kelurahan Melayu Kota Siantar, seharga Rp200 ribu. Sabu tersebut akan digunakan bersama - sama.

Dalam pertimbangannya, hakim menyebutkan hal yang memberatkan terdakwa karena perbuatannya tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan natkotika. Sedangkan hal meringankan terdakwa karena menyesali perbuatannya dan berterus-terang, sehingga memperlancar proses persidangan.

Didampingi pengacara Sintong Sihombing dari Posbakum PN Simalungun, terdakwa menyatakan menerima vonis tersebut, sedangkan jaksa masih pikir-pikir.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan