HETANEWS.COM

Hakim Ringankan Hukuman Djulfan Hanafi Lubis Pemilik 9 Paket Sabu

Terdakwa Djulfan disidangkan secara online. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Majelis hakim, pimpinan Hendrawan Nainggolan SH, meringankan vonis pemilik 9 paket sabu, Djulfan Hanafi Lubis (37), menjadi 5 tahun penjara, denda Rp900 juta, subsider 6 bulan penjara. Putusan tersebut, dibacakan dalam persidangan online PN Simalungun, Selasa (22/9/2020).

Terdakwa juga merupakan residivis dalam kasus narkotika dan pernah divonis 4 tahun penjara, di pengadilan yang sama. Warga Kampung Keling Kerasaan I, Kecamatan Bandar ini, terbukti membeli sabu dari Simpang Gambus Batubara, seharga Rp800 ribu yang dikemas dalam 9 paket plastuk klip.

Djulfan sebelumnya dituntut 6 tahun penjara, denda Rp800 juta subsider 6 bulan penjara oleh jaksa Sanggam Siagian SH.

Terdakwa dinyatakan telah terbukti bersalah, melanggar pasal 112 (1) UU RI No 35/2009 tentang narkotika.

Barang bukti 9 paket sabu, seberat 1,34 gram (bruto), dinyatakan dimusnahkan dan 1 unit sepeda motor Supra x tanpa plat, dirampas untuk negara.

Faktanya, terdakwa ditangkap pada Kamis, 12 Maret 2020 lalu, oleh personil Polsek Perdagangan, yaitu saksi Bambang Lesmono, B Harahap, dan Jhonson Napitu, di rumahnya. Petugas yang telah mendapatkan informasi melakukan penggerebekan di rumah terdakwa, tapi tidak menemukan barang bukti.

Sebanyak 9 paket sabu, disita dari pelepah pohon kelapa sawit, di belakang rumah terdakwa. Sabu sebanyak itu, diakui dibeli terdakwa dari Kaseer (DPO) dengan lokasi transaksi, di Simpang Gambus. Terdakwa menggunakan sepeda motor dalam transaksi tersebut.

Selain sabu, petugas juga menyita 50 plastuk klip kosong, kaca pirex, bong dan kompeng karet. Dalam persidangan, terdakwa didampingi pengacara, Sintong Sihombing dan Andrea Sinaga dari Posbakum PN Simalungun.

Hal yang memberatkan terdakwa karena tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan narkotika.

Sedangkan hal meringankan, terdakwa  bersikap sopan.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan