HETANEWS.COM

Kejari Simalungun Tanggapi Pengaduan Warga Nusa Harapan Terkait Dana Desa

August Vernando SH saat memberikan keterangan kepada wartawan. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Pasca diterimanya surat  pengaduan warga Nusa Harapan Perumnas Batu VI, Kecamatan Siantar yang melaporkan sejumlah dugaan kecurangan pekerjaan yang menggunakan Dana Desa Tahun 2018-2020, pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun, telah mengirim Tim Intel ke lapangan.

Tim Intel secara langsung telah melihat pekerjaan tersebut dan sebahagian ada yang sudah selesai dan sebahagian lagi sedang dikerjakan.

"Kami sudah turun ke lapangan,"kata August Vernando dan David Siregar yang dikonfirmasi, Selasa (22/9/2020), di kantornya.

Selain itu, Tim Intel juga telah meminta klarifikasi kepada Pangulu Nagori Nusa Harapan, Dedi Reynold Sidabutar dan TPK (Tim Pelaksana Kegiatan).

Saat dipertanyakan tentang kehadiran Kepala Desa ke kantor itu, Augus menjelaskan, jika Pangulu dan TPK, mengantar fotocopy RAB (Rencana Anggaran Biaya).

Plank proyek yang sempat mencantumkan TP4D Kejari Simalungun. (foto/ay)

Sebelumnya, beberapa warga mengeluhkan dugaan kecurangan penggunaan Dana Desa 2028-2020.

Baca juga: Warga Nusa Harapan Laporkan Dugaan Kecurangan Dana Desa 2018-2020 Ke Kejari Simalungun

Antara lain,  pembuatan cover drain di jalan Kenari Raya Desa Nusa Harapan. Karena tidak sesuai spek, banyak cover drain yang rusak dan patah. Pekerjaan rabat beton yang sudah hancur, padahal baru dikerjakan tahun 2019, karena diduga tidak sesuai dengan bestek dari mulai pembesian, campuran semen dan diduga mengurangi volume fisik. Kemudian, pembangunan jalan pavling blok jalan Karet V yang dianggarkan berbiaya Rp47.582.660 tahun 2018 diduga fiktif karena tidak ada dilaksanakan. Dialihkan menjadi rabat beton di jalan yang sama dan dikerjakan pada tahun 2019.

Dijelaskan Augus, selaku Kasubsi Ekonomi dan Pembangunan Bidang Intel, terkait plank proyek yang sempat mencantumkan "TP4D", pangulu menjelaskan, ada kesilapan dan telah meminta maaf.

Karena memang tidak ada lagi pendampingan, tegas Agus.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan