HETANEWS.COM

Hiou Disematkan, USI Siap Berikan Saran dan Masukan Buat RHS

RHS Diberikan Ulos Hio dan cendra mata oleh Rektor USI Dr Corry Purba MSi

Simalungun, hetanews.com - Senin pagi (21/09/2020), sekira jam 08.30 WIB, Bakal Calon Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga berkunjung ke Universitas Simalungun (USI), ditemani Ketua Tim Pemenangan RHS - ZW, Crismes Haloho.

Sejuknya udara pagi, terasa hangat dengan sambutan ramah yang disajikan Rektor USI, Dr Corry Purba MSi dan Pembina USI, dr Polentyno Girsang didampingi jajaran rektorat USI, diruang kerja rektor. Perbincangan singkat diruangan rektor berlangsung, sesekali diselingi gelak tawa mereka.

Dari ruangan kerja rektor, pertemuan dilanjut ke ruang rapat rektor di lantai dua, dengan jumlah yang lebih banyak. Tampak hadir diruangan rapat untuk mengikuti pertemuan dengan RHS, diantaranya, selain Rektor dan Pembina USI, juga terlihat Ketua Yayasan USI, Amsar Saragih MSi, Sekretaris dan Bendahara Yayasan, sejumlah Pembantu Rektor, Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat USI, Ketua Lembaga Penelitian USI dan lainnya.

Pada pertemuan itu, Rektor USI Dr Corry Purba MSi mengatakan, USI sebagai lembaga akademi selalu siap memberikan masukan dan saran buat Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS), untuk membangun Kabupaten Simalungun. Bahkan, kritik juga bisa disampaikan USI, demi suatu perbaikan.

Rektor USI ini menyadari, untuk membangun Simalungun diperlukan perhatian yang lebih, seiring dengan luas wilayah Kabupaten Simalungun yang begitu luas. Namun ia yakin, membangun Simalungun itu dapat dilakukan, dengan perangkat yang dimiliki pemerintah hingga ke tingkat RT dan RW.

Disisi lain, Dr Corry Purba MSi bercerita hubungan USI dengan Pemkab Simalungun. Katanya, USI adalah "anak kandung" dari Pemkab Simalungun dan Pemko Siantar. Karena USI dilahirkan oleh kedua pemerintah daerah tersebut. 

Karena USI dilahirkan Pemkab Simalungun dan Pemko Siantar dimasa pemerintahan Rajamin Purba, maka USI  memilki lambang dua rumah. Yakni Rumah Simalungun dan Rumah Siantar. 

"Lambang USI ada dua rumah. Rumah Simalungun dan Siantar," ujar Corry Purba.

Sementara itu, Ketua Yayasan USI, Amsah Saragih MSi menyampaikan pentingnya sinergitas antara Pemkab Simalungun dengan lembaga akademi, salah satu USI. Salah satunya untuk meningkatkan potensi pendapatan asli daerah (PAD) Simalungun.

Selanjutnya, Amsar Saragih berharap RHS dapat dapat memberikan sumbangsi untuk masyarakat Simalungun. Sebelumnya, Ketua Yayasan USI juga menyampaikan ungkapan terimakasihnya terhadap RHS, karena sudah berkenan berkunjung ke USI.

Selepas Pembina USI Polentyno Girsang memyampaikan sejumlah masukan dan saran untuk membangun Simalungun, seperti kebutuhan akan rumah sakit bertaraf internasional, Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS) disematkan hiou Simalungun oleh Polentyno Girsang, agar lebih bersemangat mengikuti kontestasi Pilkada Simalungun.

Selain disematkan hiou RHS juga diberikan cenderamata. Cenderamata diberikan langsung oleh Rektor USI, Dr Corry Purba MSi, didampingi sejumlah pembantu rektor dan lainnya. 

Sementara itu, selepas disematkan hiou dan menerima cenderamata, RHS sempat memperkenal dirinya secara singkat. Baik tentang identitas diri dan keluarganya, juga dunia usaha (bisnis) yang ia geluti selama ini.

Sebut RHS, ia memiliki bisnis properti yang dapat dia andalkan, guna membantu pergerakan perekonomian di negeri ini. Selain itu, RHS juga fokus bisnis perkebunan dan pendidikan di Kalimantan.

Lebih lanjut, RHS juga menyikapi tentang pentingnya kerja sama antara lembaga akademi dengan pemerintah setempat. Menurutnya, menjadi suatu kesempatan luar biasa, bila bisa menjalin kolaborasi dengan Universitas Simalungun. Karena akan banyak pengalaman yang bakal didapatkan.

Sedangkan bercerita tentang Kabupaten Simalungun, RHS menyatakan, ia terpanggil untuk melakukan pembaharuan Simalungun, karena Simalungun memiliki peluang.

Malah peluang untuk Simalungun jauh berkembang, sudah ada di depan mata. Sebab, potensi Simalungun itu jauh lebih besar dibanding daerah kabupaten lain. Dan untuk mewujudkan itu, RHS menyatakan, ia bersama Zonny Waldi (ZW), telah memiliki bekal yang kuat untuk mempebaikinya.

"Kami lihat peluang untuk Simalungun itu sudah ada di depan mata. Potensi Simalungun itu jauh diatas kabupaten lain," tandas Radiapoh Hasiholan Sinaga, sembari menambahkan, hal itu akan semakin mudah diwujudkan, bila ada kolaborasi Pemkab Simalungun dengan USI yang memiliki lembaga pengabdian masyarakat dan lembaga penelitian yang peran dan fungsinya dapat dimaksimalkan

Penulis: tim. Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan