HETANEWS.COM

Demo SaLing, Ketua KPU Terima Pernyataan Sikap SaLing

Raja ahab saat menerima massa aksi di depan kantor KPU Simalungun

Simalungun, Hetanews.com - Ketua KPU Kabupaten Simalungun, Raja Ahab Damanik, menghadiri aksi demo sahabat Lingkungan (SaLing) Siantar Simalungun di depan kantor KPU Kabupaten Simalungun jalan Jon Horailam Saragih Nagori Sondi Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, Senin (21/9/2020).

Dalam sambutannya, Raja Ahab menyampaikan bahwa setiap warga negara dilindungi undang-undang dalam menyampaikan aspirasi, tetapi perlu kita ketahui bahwa semua proses itu ada aturannya, ada ketentuan aturan yang harus kita jalankan bersama-sama ketika KPU itu melakukan penelitian persyaratan calon.

Kita diatur dalam PKPU nomor 3 tahun 2017 terkait pencalonan dan ada PKPU 1 tahun 2020 terkait pencalonan dan juga ada petunjuk teknis 394 tahun 2000 terkait penelitian syarat dokumen dari seluruh bakal pasangan calon yang mendaftar di KPU.

“Ada proses yang harus kita jalankan, kami menerima pernyataan sikap dari teman-teman SaLing, kami akan kaji dan dalami terkait pemberkasan ini dan mudah-mudahan dalam waktu dekat kita akan bisa rilis terkait siapa-siapa saja calon yang memenuhi syarat menjadi calon bupati dan wakil bupati Simalungun,” terang Raja Ahab.

Masih kata Raja Ahab, bahwa mereka masih ada waktu sampai tanggal 22 September 2020. 3 Komisioner KPU saat ini sedang berada di luar kota melaksanakan tugas terkati hal itu, dan kami benar-benar bekerja dengan transparan dan jujur.

“Ini kami yang junjung tinggi, sejauh ini kami merasa kami sudah cukup transparan, karena dari seluruh tahapan yang kami jalankan selalu kami publikasi untuk dimintakan tanggapan masyarakat,” katanya.

Raja Ahab menambahkan bahwa mereka tidak seperti KPU Kabupaten Simalungun yang lalu-lalu, bukan saya bilang KPU yang lalu itu tidak transparan, tetapi ada perubahan dan ada perbaikan , peningkatan transparansi tahapan-tahapan yang kita jalankan.

Dijelaskannya, dimulai dari tahap pendaftaran beberapa waktu yang lalu, dimana saat itu KPU kabupaten Simalungun melaksanakan siaran langsung (live streaming) agar semua orang bisa melihat.

Semua data yang diterima KPU dari paslon langsung di upload ke website KPU Kabupaten Simalungun agar semua orang bisa melihat bakal calon bupati dan wakil Bupati Simalungun.

“Jadi semua orang bisa melihat, apakah ini calonnya sudah memenuhi syarat atau tidak, karena kami tidak berani bermain-main ada sanksi yang kami terima jika kami bermain-main terhadap perkara ini,” jelasnya.

Mohon pengertian dari rekan-rekan SaLing, kami akan bekerja dengan baik, kami akan bekerja dengan transparan, rekan-rekan bisa melihat nanti bagaimana kami bisa memutuskan secara adil, arif dan bijaksana terkait proses pencalonan calon bupati dan wakil bupati yang ada di Simalungun.

Penulis: juindra. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan