HETANEWS.COM

Hakim Sependapat dengan Jaksa, Dayu Satria Pelaku Curanmor Diganjar 3,6 Tahun Penjara

Terdakwa Dayu disidangkan online PN Simalungun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com -  Majelis hakim, pimpinan Roziyanti SH, didampingi dua hakim anggota, Mince Ginting SH dan Aries Ginting SH, menjatuhkan pidana penjara selama 3 tahun 6 bulan, terhadap terdakwa Dayu Satria (20).

Vonis hakim tersebut, konform (sama) dengan tuntutan jaksa, Dhoniel Ferdinan SH.

Putusan tersebut, dibacakan dalam persidangan online PN Simalungun, Senin (21/9/2020).

Warga Huta III Pulo Banjar Hulu, Kecamatan Ujung Padang itu, dinyatakan bersalah melanggar pasal 363 (1) ke-3 KUH Pidana tentang pencurian dengan pemberatan.

Menurut hakim, terdakwa Dayu, telah terbukti melakukan pencurian satu unit sepeda motor KLX Kawasaki BK 3768 VBJ milik saksi korban, Suparman. Pencurian itu dilakukan terdakwa, pada Rabu, 20 Mei 2020 lalu, sekira pukul 03.30 WIB, di rumah saksi korban yang masih bertetangga dengan korban.

Bermula, terdakwa mau mencuri ternak entok, tapi saat mengintai bagian dalam rumah korban, dia melihat sepeda motor dengan kunci kontak menempel. Lalu dengan cara membobol dinding dapur yang terbuat dari gedek, terdakwa berhasil masuk.

Lalu membawa motor curian dengan cara mendorong hingga 100 meter, ke arah perkebunan PTPN IV Tinjowan. Akibat perbuatan terdakwa, saksi korban mengalami kerugian hingga Rp30 juta.

Hal - hal yang memberatkan menurut hakim, perbuatan terdakwa mengakibatkan kerugian korban dan belum berdamai. Sedangkan hal meringankan, terdakwa menyesali perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulangi lagi.

Atas putusan hakim, terdakwa diberi waktu 7 hari untuk pikir - pikir, menerima ataupun menyatakan banding ke Pengadilan Tinggi. Persidangan dibantu panitera, Amriyata Siregar SH, dinyatakan selesai dan ditutup.

Penulis: rahayu. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!