HETANEWS.COM

1000 Swab Gratis di Siantar, Masyarakat Bisa Daftar

Foto seorang personil TNI sedang diambil sampel swabnya. (foto/ndo)

Siantar, hetanews.com - Pemerintah Kota (Pemko) Siantar melaksanakan instruksi dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) untuk melakukan tes swab massal.

Pelaksanaan swab ini gratis, dilakukan di Rumah Singgah OTG, Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Bahkapul, Kecamatan Siantar Sitalasari.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Siantar, dr Erika Silitonga, ditemui di lokasi mengatakan, program swab massal ini, serentak dilakukan di semua Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, mulai Senin (21/9/2020) sampai Sabtu (26/9/2020) mendatang.

"Target untuk Kota Siantar 1000 orang yang untuk tes swab selama beberapa hari. Yang mengikuti, ada masyarakat, TNI Polri, PNS, Tenaga Kesehatan, dari rumah sakit swasta, pedagang pasar.  Untuk jadwalnya, yaitu sejak pukul 08.00 WIB sampai 10.00 WIB," tuturnya.

Setiap harinya, hasil swab akan dikirimkan ke Dinas Kesehatan Pemprovsu. Peserta dari instansi, itu dikumpulkan dari data data nama yang diberikan. Ia juga menghimbau, agar masyarakat tidak perlu takut saat dilakukan pengambilan swab.

"Masyarakat bisa daftarkan langsung dengan menunjukkan KTP. Karena kita perlu dari NIK-nya. Himbauan kita, swab itu penting, jangan takut dan tidak sakit. Tes swab PCR ini bagus, karena bisa langsung mendiagnosa pasti untuk covid, apakah ada atau tidak. Kalau rapid, itu kan screening," lanjut Erika.

Bagi yang ingin mendaftar, diharapkan paling lama hari Jumat ini. "Karena hari Sabtu, kita untuk tambahan saja waktunya," tutupnya.

Pantauan hetanews, terlihat beberapa peserta dari TNI, Polri dan masyarakat umum lainnya. Mereka, mendaftar terlebih dahulu dan selanjutnya akan dipanggil untuk pengambilan sampel swab. Pengambilan sampel ini, dilakukan oleh beberapa orang tenaga medis yang menggunakan APD lengkap.

Penulis: ndo. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan