HETANEWS.COM

Warga Belawan Minta Tanggul Cegah Rob, Pemko Medan Tunggu Pemerintah Pusat

Banjir rob di Medan Belawan

Medan, hetanews.com - Warga meminta pemerintah membuat tanggul untuk mencegah banjir rob yang kerap terjadi di Belawan, Medan, Sumatera Utara (Sumut). Pemerintah Kota (Pemko) Medan menyebut pihaknya menunggu realisasi dari pemerintah pusat.

"Tanggul sudah diusulkan ke pemerintah pusat dan sudah disurvei langsung oleh pemerintah pusat," kata Kabag Humas Pemko Medan, Arrahman Pane dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (18/9/2020).

Arrahman menyebutkan semua administrasi kelengkapan dokumen sudah dilengkapi semua. Pihaknya, kata Arrahman, tinggal menunggu realisasi dari pemerintah pusat. Namun, jadwal pastinya belum diketahui.

"Pemko tinggal menunggu realisasi dari pusat," sebut Arrahman.

Sebelumnya, sejumlah kawasan di Medan Belawan, Medan, terendam banjir rob. Warga setempat berharap pemerintah membangun tanggul.

"Itu bukan banjir karena hujan, tapi pasang air laut. Per-2 minggu selalu ada pasang. Cuma bulan ini lagi puncaknya. Di siang hari sama nanti pas tengah malam," kata salah seorang warga, Immanuel, Kamis (17/9/2020).

Immanuel mengatakan kejadian itu kerap terjadi di sejumlah daerah di Belawan. Dia menyebut banjir rob salah satunya terjadi di wilayah Pajak Baru.

"Itu daerah Belawan. Kalau daerah yang di videokan itu daerah Pajak Baru. Tapi seluruh daerah terkena juga," sebutnya.

Immanuel berharap pemerintah menaruh perhatian lebih pada kawasan Belawan. Dia berharap ada tanggul yang dibangun untuk mencegah banjir rob terjadi.

"Harapannya sih Belawan butuh perhatian dari pemerintahan setempat. Karena semakin lama air laut nyampe ke darat semakin tinggi. Iya (dibikin tanggul)," sebutnya.

Sumber: detik.com 

Editor: Suci Damanik.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan