HETANEWS.COM

Calon Bupati Simalungun Mohonkan Penyesuaian Perubahan Identitas di Pengadilan Simalungun

Foto : Humas PN Simalungun, Aries K Ginting

Simalungun, Hetanews.com - Dr.H Anton Achmad Saragih salah satu calon Bupati Simalungun  telah memohon penetapan hakim atas perubahan identitas yang tertera di Ijazah SD hingga S2 nya sesuai dengan akte kelahiran, KTP dan KK (Kartu Keluarga). Sidang penetapan pada Senin (14/9) lalu dipimpin hakim tunggal Abdul Hadi Nasution, dan hakim telah mengabulkan permohonan tersebut.

Demikian dijelaskan Humas PN Simalungun Aries K  Ginting SH yang dikonfirmasi hetanews, Kamis (17/9) di kantornya.

"Idealnya memang sidang penetapan dilakukan dalam sekali persidangan", katanya.

Dijelaskannya, jika pemohon meminta penyesuaian nama dalam Ijazah SD hingga S2 (Antonius Saragih) disesuaikan dengan data di KTP, KK dan akte kelahiran (Anton Achmad Saragih). Berdasarkan alat bukti surat yang telah dilegalisir di kantor Pos dengan melampirkan semua bukti asli dan juga keterangan saksi membenarkan jika orang tersebut adalah orang yang sama maka hakim mengabulkan permohonan tersebut.

Permohonan bersifat volunteer, sehingga sepanjang persidangan dalam memperlihatkan pembuktian yang cukup maka hakim akan mengabulkan permohonannya, jelas Ginting. 

Sebelumnya, Anton selaku pemohon mendatangi pelayanan satu pintu PN Simalungun mendaftarkan permohonan dan membayar biaya sesuai yang tertera ke Bank.

Selanjutnya pengadilan menetapkan jadwal persidangan dengan register Perkara No.50/Pdt.P/2020/Pn-Sim pada Senin (14/9), jelasnya.

Menurut Ginting, identitas pemohon  dalam ijazah S3 sudah sesuai dengan akte kelahiran. Jadi siapapun berhak mengajukan permohonan ganti nama, yang terpenting berpatokan pada akte kelahiran, dan membawa saksi yang mengetahui bahwa orang yang bersangkutan adalah orang yang sama, sebutnya.

Adapun saksi diketahui tidak berasal dari lingkungan keluarga, karena saksi yang disumpah lebih kuat keterangan.

Penulis: ay. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!