HETANEWS.COM

Bubarkan Bazaar, Kalau Kedapatan Langgar Protokol Kesehatan

Foto : Kabag Ops Polres Siantar, Kompol Biston Situmorang saat memberikan himbauan kepada pedagang bazar

Siantar, hetanews.com - Polres Siantar melalui Satuan Intelijen (Sat Intel), mengeluarkan izin keramaian untuk pelaksanaan Bazar di Lapangan Parkir Pariwisata, Jalan Sutomo, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat.

Dari permohonan panitia penyelenggara ke Polres Siantar, pelaksanaan bazar dilakukan dari hari Jumat (11/9) sampai Minggu (20/9).

Kapolres Siantar, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar mengatakan bahwa izin keramaian diberikan setelah adanya permohonan dari penyelenggara dan adanya izin penggunaan tempat dari Pemko Siantar, tepatnya Dinas Pariwisata.

"Juga ada surat rekomendasi dari Gugus Tugas (Kota Siantar). Dan bila mereka (penyelenggara) melanggar protokol kesehatan, kita akan tindak sesuai aturan," tutur Kapolres saat dikonfirmasi hetanews.

Baca juga: Bazaar Siantar, Katanya Untuk Donasi Sinabung

Sementara itu, Kasat Intel Polres Siantar, AKP Basri Lubis membenarkan, bahwa permohonan penyelenggara untuk izin keramaian atas nama HIPPI atau Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia.

"Iya, atas nama HIPPI. Sampai hari Minggu," ujarnya.

Sama seperti Kapolres, Kasat Intel mengatakan izin keramaian diberikan setelah penyelenggara mendapat izin tempat, rekomendasi dari gugus tugas dan kegiatan itu wajib mengedepankan protokol kesehatan serta untuk membangun UKM (Usaha Kecil dan Menengah).

"Penekanannya tetap menggunakan protokol kesehatan. Makanya disitu ada disiapkan untuk cuci tangan dan wajib masker. Tanyalah ke gugus tugas. Makanya mereka itu menyiapkan segala sesuatu hal yang mengacu kepada Inpres terkait peraturan protokol kesehatan," sebutnya.

Baca juga: Bazaar didepan hidung balai kota siantar

Untuk kajian polres mengeluarkan izin keramaian di tengah pandemi Covid 19, Sat Intel mengacu terhadap izin tempat dan rekomendasi dari Pemko Siantar.

"(Kajian) Yang lain tidak ada. Kalau tetap langgar aturan, itu akan dibubarkan bila tidak mengutamakan protokol kesehatan. Makanya ada juga polisi menjaga mengawasi itu. Kita berikan himbauan kepada pengunjung dan penyelenggara," kata Kasat Intel.

"UKM dan ekonomi lemah harus tetap terbangun. Kita pun tidak boleh matikan ekonomi orang. Ada satpol menilai kalau melanggar," tutupnya.

Penulis: ndo. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan