HETANEWS.COM

Papan APBDes Tak Dipasang, Kepala Desa Pabatu II Diduga Bohongi Publik

Kantor Desa Pabatu II tanpa ada papan APBDes. (foto/dmk)

Sergai, hetanews.com - Bergulirnya Dana Desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), tujuannya mensejahterakan masyarakat dan pemerataan pembangunan, di setiap desa.

Penggunaan dana tersebut harus melalui tahapan dan ada mekanisme atau aturannya.

Bahkan beberapa pihak terkait seperti muspika, Inspektorat, Kejaksaan, LSM, Pers dan juga masyarakat, ikut dilibatkan dalam mengawasi penggunaan Dana Desa tersebut.

Tahapan - tahapan dalam mekanisme peggunaaan Dana Desa, salah satunya yakni adanya APBDes, sebagai panduan bagi Pemerintah Desa dalam menentukan strategi operasional kegiatan berdasarkan kebutuhan.

Dalam pengerjaannya juga harus ada transparan kepada masyarakat dan adanya sistem swakelola.

Awak media saat konfimasi ke Perangkat Desa di Kantor Desa Pabatu II. (foto/dmk)

Namun ketentuan ini, sepertinya tidak dilaksanakan Kepala Desa Pabatu II, Kecamatan Dolok Merawan, kabupaten Sergai.

Pasalnya, tidak ada terlihat papan APBDes 2020 yang semestinya dipasang, di dinding kantor desa agar diketahui masyarakat.

Kepala Desa Pabatu II seakan sengaja melakukan pembohongan publik yang jelas tertuang didalam Undang - undang RI Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Tidak adanya papan APBDes, di kantor Desa Pabatu II ini  terkuak, setelah tim media hetanews.com, mengunjungi kantor desa tersebut, pada Jumat (11/9/2020), lalu.

Padahal, papan APBDes tersebut harus terpasang, karena di dsa ini sudah melakukan pekerjaannya.

Menanggapi hal ini, Camat Dolok Merawan, Fahmi saat dikonfimasi hetanews.com, via aplikasi WA, Rabu (16/9/2020) mengatakan, pihaknya sudah menginstrusikannya kepada Kepala Desa.

"Kalo soal APBDes, ya sudah kami instruksikan agar dicetak, dan dipasang di depan kantor,"ungkapnya.

Penulis: dmk. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!