HETANEWS.COM

Hasil Survei Sebut Warga Medan Tidak Puas dengan Kinerja Pemko, Mengapa Demikian?

Banjir di sebuah ruas jalan di Kota Medan. Foto: ANTARA

Hetanews.com - Tidak dipungkiri lagi, bahwa dalam sejumlah survei yang dikeluarkan oleh lembaga survei maupun partai politik menunjukkan bahwa warga Kota Medan merasa tidak puas dengan kinerja Pemerintah Kota (Pemko).

Misalnya dalam sebuah survei terbaru dari City Research Center (CRC) yang dirilis pada September 2020 ini. Hasil survei tersebut menunjukkan sebanyak 64,25 persen warga Kota Medan tidak puas dengan kinerja Pemko Medan.

Tidak hanya itu, survei sebelumnya dari Partai Gerindra misalnya, tingkat kepuasan warga Kota Medan terhadap kinerja Pemko Medan hanya 14 persen saja. Itu artinya, ada sekitar 86 persen responden yang merasa tidak puas dengan kinerja Pemko Medan.

Lantas, mengapa hal itu bisa terjadi?

Pengamat ekonomi perkotaan, Benjamin Gunawan pun turut menyoroti dua hasil survei yang dikeluarkan oleh lembaga survei dan partai politik itu.

"Coba tanya saja langsung kepada masyarakat Medan, bagaimana keaadan di sekitar mereka?” kata dia dihadapan wartawan pada Rabu (16/9).

Menurut Benjamin, banyak masalah yang dipandang kecil di masyarakat, namun hal itu justru melemahkan penilaian warga terhadap kinerja Pemko Medan. Sebut saja permasalahan seperti banjir, buruknya infrastruktur, dan lain sebagainya yang banyak merugikan warga Kota Medan itu sendiri.

"Pasar tradisional yang dikelola Pemko Medan buruk, berbanding terbalik sekali yang dikelola swasta. Saya punya data, jika hujan turun di Medan, maka omset pedagang langsung turun drastis,” ujar dia.

"Infrastruktur masih jadi PR yang harus segera diselesaikan. Banjir melanda, birokrasi ribet. Masyarakat melihat hal itu langsung. Makanya, kepuasan mereka kepada Pemko Medan rendah,” lanjutnya.

Bagi Benjamin, permasalahan seperti itu sebenarnya merupakan bentuk dari kegagalan Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution yang kembali maju di Pilkada Kota Medan.

"Akhyar memang punya pengalaman. Itu bisa dilihat dari sisi usia maupun kesempatan yang dimilikinya sekarang. Namun, itu justru menunjukkan sisi lemahnya dia. Sebab, Kota Medan ini bermasalah di banyak sektor," ucap dia.

Sumber: indozone.id

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan