HETANEWS.COM

Pimpinan Komisi II DPR: Konser Musik saat Kampanye Pilkada Sebaiknya Dihindari

Ilustrasi menonton konser musik.

Jakarta, hetanews.com - KPU memperbolehkan kandidat Pilkada 2020 menyelenggarakan konser musik dalam masa kampanye. Soal konser musik saat kampanye pilkada ini diatur dalam Pasal 63 ayat (1) Peraturan KPU (PKPU) Nomor 10 Tahun 2020.

Menanggapi ketentuan tersebut, Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa meminta agar rencana kampanye dengan menggelar konser musik dihindari.

"Sebaiknya dihindari meskipun Undang-undang membolehkan. Apalagi di PKPU sudah diatur maksimal kampanye terbuka maksimal 100 orang," kata Saan kepada kumparan, Rabu (16/9).

Alasan lainnya, kampanye melalui konser musik juga berpotensi menimbulkan pelanggaran protokol kesehatan. Sehingga, bisa meningkatkan penyebaran corona.

"Konser bisa mengundang massa banyak dan potensial melanggar protokol kesehatan pencegahan COVID-19," ujar politikus NasDem ini.

Pimpinan Komisi II DPR: Konser Musik saat Kampanye Pilkada Sebaiknya Dihindari (1)
Politikus NasDem Saan Mustopa.

Sebelumnya, Deputi I Sistem dan Strategi BNPB Benardus Wisnu Widjaja juga mempertanyakan alasan KPU tetap memperbolehkan konser diadakan selama masa kampanye Pilkada 2020. Ia menilai konser musik justru dapat menimbulkan kerumunan, bahkan berpotensi terjadi penularan virus corona.

Pihaknya bingung bagaimana protokol kesehatan bisa dijalankan, di sisi lain konser dapat mengundang banyak orang.

"Lalu soal masih ada diperbolehkan konser musik dan lomba di Pasal 63. Ini perlu diantisipasi karena ada pengumpulan massa dan arak-arakan. Ini perlu diantisipasi," ucap Wisnu.

Meski akhirnya diperbolehkan KPU, BNPB bakal tetap menyiagakan Satgas di daerah-daerah untuk memastikan protokol kesehatan tetap disiplin dijalankan.

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!