HETANEWS.COM

Hakim Sepakat dengan Jaksa, Pengedar 7 Gram Sabu Divonis 12 Tahun Bui

Majelis hakim, pimpinan Roziyanti, memvonis terdakwa Arfi selama 12 tahun bui. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Majelis hakim, pimpinan Roziyanti, sependapat dengan jaksa Barry Sugiarto SH. Terdakwa M Arfi Ramanda (31), warga Huta I Bah Lias, Kecamatan Bandar, divonis 12 tahun penjara, denda Rp1,2 Milyar, subsider 6 bulan penjara.  Putusan hakim, dibacakan dalam persidangan, Senin (14/9/2020), di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun yang digelar secara online.

Terdakwa dinyatakan bersalah, melanggar pasal 114 (1) UU RI No.35/2009 tentang narkotika.  Faktanya, penangkapan oleh petugas Satres Narkoba Polres Simalungun dilakukan berdasarkan penyamaran undercover buy. Saksi Leo Silalahi, berpura - pura sebagai pemesan narkotika.

Sehingga berhasil menangkap terdakwa Arfi, pada Senin, 30 Maret 2020 lalu, sekitar pukul 22.30 WIB, di Pasar I Perdagangan, tepatnya di samping Hotel Prima Jaya.

Awalnya, JO (DPO) memesan sabu sebanyak 1/2 gram dari terdakwa Arfi dan sepakat melakukan transaksi, di sekitaran Hotel Prima Jaya.

JO datang bersama Leo Silalahi dan menerima sabu dari terdakwa Arfi. Sebelum menyerahkan 1/2 gram sabu, terdakwa membawa sabu yang dibaginya dan sisanya dimasukkan ke dalam tas.

Saat terdakwa meminta pembayaran, langsung ditangkap oleh saksi Leo dan JO melarikan diri. Leo dibantu rekannya, Hengky B Siahaan, Paiduk Lumban Raja dan A Sibarani. Terdakwa diamankan bersama barang bukti sabu, seberat 6,57 dan 0,60 dengan total 7,17 gram sabu (bruto), timbangan digital, 100 plastik klip kosong, pipet dan mancis dinyatakan dimusnahkan.

Sabu sebanyak itu, diakui terdakwa, diperoleh dari Pecu (DPO), di Simpang Gambus Batubara. Didampingi pengacara Sarah Pulungan dari Posbakum PN Simalungun, terdakwa menyatakan pikir-pikir atas vonis tersebut.

Penulis: rahayu. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!