HETANEWS.COM

Heboh Balap Lari Liar di Jakarta-Tangerang, Anak Siantar Sudah Lebih Dulu

Screenshot viral balap lari liar di Pematangsiantar. Foto: dok. Instagram @kevinjhodys

Medan, hetanews.com - Balap lari liar yang dilakukan sejumlah orang di Jakarta dan Tangerang bikin heboh hingga polisi turun tangan. Ternyata aksi balap lari liar ini sudah lebih dulu dilakukan orang-orang di Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut).

Video yang menunjukkan sekelompok pemuda melakukan balap lari liar di Pematangsiantar sempat viral pada Sabtu (15/8/2020). Dalam video berdurasi 15 detik yang pertama kali diunggah oleh Instagram @kevinjhodys terlihat sejumlah remaja lomba lari di tengah jalan.

Dalam narasinya, Kevin menyebut video itu sebagai olimpik versi lokal. Dia juga menuliskan 'balap lari liar' serta 'lagi tren di Siantar' dalam video yang diberi latar musik.

Tampak ada dua orang yang sedang lomba lari di tengah jalan dan orang-orang di sekitarnya terdengar berteriak. Ada juga orang-orang yang terlihat mengatur agar kendaraan lain berhenti dulu saat balap lari liar dilakukan. Video tersebut kemudian di-repost oleh sejumlah akun lain hingga viral.

Kevin kemudian menceritakan video yang direkamnya itu. Dia menyebut peristiwa balap lari liar itu dilakukan di Jalan Sisingamangaraja, Pematangsiantar, Minggu (9/8/2020) malam.

"Kebetulan di situ aku cuma nonton. Sebelumnya sudah pernah lihat, tapi belum ramai kali, karena kan kawan-kawanku juga itu yang lari," ujar Kevin.

Dia mengatakan rekan-rekannya membuat balap lari liar karena balap liar dengan sepeda motor selalu dibubarkan polisi. Ide nyeleneh balap lari liar muncul dan dilakukan. Mereka juga menjaga agar lintasan yang jadi arena balap lari liar tak dilintasi kendaraan lain saat adu cepat para pelari berlangsung.

"Biasanya balapnya pakai motor, cuma beberapa minggu ini kan lagi musim-musim razia, polisi di mana-mana, jadi sering dibubarin kan kalau balapan pakai motor. Jadi kayak buat ide yang nyeleneh gitu-lah, balap pakai kaki," ucapnya.

"Sudah gitu, kalau sudah siap main, langsung diatur sama kawan-kawan kendaraan-kendaraan yang mau lewat itu," sambungnya.

Ternyata ide nyeleneh para remaja di Pematangsiantar ini diikuti oleh remaja lain di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Aksi balap lari liar hingga menutup jalan di beberapa titik di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi ini membuat polisi turun tangan. Ada juga orang-orang yang diamankan.

Wakil Ketua Komisi IX dari Fraksi Golkar, Emanuel Melkiades Laka Lena, juga buka suara soal maraknya aksi balap lari liar ini. Dia menilai setiap kegiatan atau tempat yang mengumpulkan orang banyak saat pandemi Corona perlu diberi sanksi tegas.

"Itu sanksi yang inpres itu bisa diberlakukan. Jadi itu harus diberikan sanksi tegaslah oleh pihak keamanan kita," kata Melkiades di kompleks parlemen, Senayan, Kamis (10/9/2020).

Sumber: detik.com

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan