HETANEWS.COM

Hakim Mediator Berhasil Damaikan Warga Gang Demak vs Pemko Siantar

Hakim Mediator Rahmat Hasibuan bersama warga dan Kabag Hukum, Hery Oktarizal saat menyerahkan hasil mediasi. (foto/ay)

Siantar, hetanews.com - Rahmat Hasibuan SH, selaku hakim mediator Pengadilan Negeri (PN) Pematangsiantar, akhirnya berhasil melakukan upaya perdamaian, antara 11 warga Gang Demak, Kelurahan Martoba dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemko Pematangsiantar.

Setelah 2 bulan sejak dilayangkannya gugatan class action oleh 11 warga Gang Demak (Penggugat) melalui tim kuasa, Binaris Situmorang, Reinhard Sinaga, Prima Banjarnahor dan rekan – rekan, akhirnya sepakat berdamai dengan Pemko Pematangsiantar. 

"Saya selaku mediator mengucapkan terima kasih kepada warga Gang Demak dan juga Pemko Pematangsiantar, yang mengakhiri gugatan tersebut dengan perdamaian. Jika masyarakat tidak mau berdamai, dan Pemko juga tidak merespon, mediasi ini akan sia-sia. Namun pandangan hukum yang telah saya sampaikan, dapat dipahami oleh kedua belah pihak, sehingga perdamaian dapat terwujud,"kata Rahmat sembari senyum.

Foto bersama usai  menyerahkan hasil mediasi. (foto/ay)

Baca juga: Penyerahan Kompensasi Warga Gang Demak Salah Satunya Nenek Sulastri 90 Tahun

Warga yang terdampak Covid-19 itu, akhirnya menerima kompensasi sebesar Rp 2 juta per orang yang diterima langsung melalui rekening masing - masing.

Selain itu, juga diberikan steling rombong motor yang dapat digunakan warga untuk berjualan dan dilengkapi dengan peralatannya, berupa kompor gas, panci dan lainnya.

Rahmat berharap, bantuan tersebut dapat membantu masyarakat untuk kembali berdagang, sehingga dapat meningkatkan perekonomiannya. Acara hari ini dapat  menghilangkan asumsi negatif masyarakat yang selama ini mengisolasi warga Gang Demak terkait covid-19.

Abdul Wahid Katino, salah seorang warga yang merupakan Ketua RT dan juga salah satu penggugat, mengucapkan terim kasih atas kerja keras tim pengacara,  hakim dan juga Pemko Pematangsiantar yang sudah mendengarkan aspirasi warga Gang Demak.

Penulis: rahayu. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan