HETANEWS.COM

Pilkada 2020, Polda Sumut Petakan Daerah Rawan Konflik

Ilustrasi polisi. Foto: Istimewa

Medan, hetanews.com - Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) masih melakukan pemetaan untuk mengantisipasi konflik pada 23 daerah dari 33 kabupaten dan kota di Sumut, yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada), pada 9 Desember 2020.

Kepala Sub Penerangan Masyarakat (Penmas) Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan mengatakan, setiap daerah yang menyelenggarakan pilkada, dipastikan memiliki potensi konflik di masyarakat.

"Polda Sumut bersama kepolisian resor (Polres), sampai ke tingkat kepolisian sektor (Polsek), sudah mengantisipasi potensi konflik tersebut," ujar MP Nainggolan di Medan, Jumat (11/9/2020).

Menurut Nainggolan, salah satu daerah yang rusuh akibat pilkada dan diantisipasi untuk pilkada pada 9 Desember 2020 mendatang adalah Kabupaten Nias Selatan. Kerusuhan karena massa pendukung salah satu pasangan calon menuding adanya indikasi kecurangan.

"Secara keseluruhan, untuk jumlah petugas yang dikerahkan saat menjelang dan selesai penghitungan suara, ada sebanyak 3.824 personil. Polda Sumut juga menyiapkan pasukan cadangan mengantisipasi terjadinya konflik pilkada," jelasnya.

Disebutkan, Polda Sumut sudah mulai menurunkan petugasnya dalam melakukan pemetaan atas potensi konflik pilkada. Untuk daerah yang dinilai rawan atas konflik, petugas akan menambah petugas melakukan pengamanan di tengah masyarakat.

"Kita masih terus melakukan koordinasi dengan TNI, KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) agar pilkada di tengah pandemi ini berjalan aman, tertib dan lancar. Kita juga melibatkan masyarakat agar pilkada berjalan damai," sebutnya.

Untuk wilayah Sumut, sebanyak 23 daerah dari 33 kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan pilkada serentak. Daerah yang melaksanakan pilkada adalah Kota Binjai, Medan, Pematangsiantar, Tanjungbalai, Sibolga dan Gunungsitoli.

Selain itu, Kabupaten Serdang Bedagai, Simalungun, Asahan, Karo, Pakpak Bharat, Labuhan Batu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Samosir, Humbahas, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Nias, Nias Utara, Nias Barat dan Nias Selatan.

Sumber: beritasatu.com

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan