HETANEWS.COM

Ini Postingan Viral 2 Gadis yang Merantau Untuk Kerja Tapi Tak Digaji

Foto screen shot postingan yang viral.

Siantar, hetanews.com - Sudah kerja sekitar 3 minggu, jadi jaga paket, kemudian dipecat, tapi gaji tak dibayar, Gesti Ayu Putri Lase, menceritakan kisahnya di Grup Facebook Info Loker Pematangsiantar.

Singkatnya, ia bersama temannya Cristina Sari Barasa, berangkat dari kampung halamannya, di Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) ke Kota Siantar untuk bekerja. Sampai di Siantar, mereka bekerja sebagai penjaga paket kartu internet.

Tiga minggu bekerja, Gesti menderita sakit asam lambung, sehingga tidak bisa kerja. Namun, bos tempat mereka kerja merasa ditipu, walaupun sudah dilampirkan surat keterangan medis dari Puskesmas Singosari. Gesti dan Cristina pun dipecat, dan gajinya selama kerja tiga minggu tidak dibayarkan.

Gesti pun mencurahkan keadaannya dalam bentuk tulisan di Facebook disertai postingan lima foto, termasuk salah satu foto bukti keterangan sakit. Dari pantauan hetanews, hingga sekitar pukul 18.30 WIB, postingan ini telah dibagikan sebanyak 744 kali dan 487 komentar.

Berikut kutipan postingan yang viral tersebut:

Niat baik memang tak selalu berujung baik

Gak nyangka masih aja ada manusia yang punya jantung tapi gak punya hati

Kronologisnya begini:

Awal datang kesiantar ini mau nyarik kerja apa aja yang penting halal.dengan bermodalkan nyali kami gabung info loker siantar dan akhirnya kami menemukan pekerjaan yang belum pasti.kemudian kami datang ke toko yang ada di info loker.kemudian yang punya toko (toke) menerima dan kami trenning 3 hari.

Selesai 3 hari trenning 3 hari kami pun kemudian ditempatkan.saya ditempatkan di melanton sgr (simp.jln nias) dan temen saya di jln.mujahir.

Foto Gesti dan Cristina didampingi Himpunan Pemuda dan Mahasiswa Nias saat melapor ke Polres Siantar.

Alangkah senangnya seenggaknya gak bingung dulu harus carik kerja apa.kemudian selang beberapa hari masuk kerja kemudian toke nya menetapkan target.kami kerja paket eceran pinggir jalan.dan setelah ditetapkan target,kami juga harus lebih semangat kerja.ada satu moment yang seakan buat kami mwnyesal kenapa harus kerja disini.kebetulan di samping lapak saya bekerja ada bekas anggota toke kami 2 orang.kemudian bertanya kepada saya kenapa mau kerja di sini.yah saya menjawab sekalian nunggu panggilan kerja saya carik sampingan lain karna butuh dana jika sewaktu waktu ada panggilan.kemudian bekas anggota tertawa karna jawaban saya.kemudian bercerita banyak bagaimana dia bekerja selama di tempat saya sekarang.dia keluar karna gajinya selalu dipersulit.yah saya berpikir mungkin karna anggotanya yang salah.

Kemudian selang beberapa minggu setelah itu,kejadian yang tak diinginkan pun terjadi.

Betapa mirisnya hidup kami yang meranto bermodalkan nyali ini

Pada tanggal 9 september tepatnya waktu hujan deras dari subuh sampai jam 11 siang kurang lebih begitu,tanpa pemberitahuan saya dan teman saya dikeluarkan dari tempat kerja secara sepihak tanpa gaji sontak saya terkejut dan berpikir bagaimana perjuangan dan waktu yang saya korbankan selama ini Tuhan hanya karna lantaran tidak masuk karena sakit dan kemudian harus mendengar kabar menyakitkan gini

Kemudian kami datangi toko nya

Dan dengan nada tidak merasa bersalah dia menjawab tidakk ada gaji keluar

Asgata Tuhan mimpi buruk apa aku semalam dimana hati nuranimu wahai atasan yang terhormat sedikitpun perjuangan kami tak kau hargai padahal selama ini biaya yang harusnya biaya makan kami alihkan menjadi biaya ongkos bagaimana supaya tetep bekerja.

Kemudian tokenya minta surat keterangan sakit saya penuhi.tapi setelah saya antar surat keterangan dari bidan dan kemudian toke nya minta surat keterangan dari dokter.

Baca juga: Cerita 2 ABG Merantau ke Siantar, Kerja Jaga Paket, Dipecat Tapi Tak Digaji

Sesuai saran dari para wartawan, Gesti dan Cristina didampingi Himpunan Pemuda dan Mahasiswa Nias, melapor ke Polres Siantar.

Dari SPKT, mereka diarahkan ke Polsek Siantar Timur. Di Polsek, keduanya diterima dengan baik. Personil polisi kemudian menghubungi bos tempat keduanya bekerja. Hingga sekitar pukul 18.50 WIB, di Polsek Siantar Timur, mereka sedang menunggu kedatangan bos tempatnya bekerja.

Penulis: ndo. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!