Medan, hetanews.com - Pelaku spesialis pencurian rumah kosong ditangkap tim Unit Reskrim Polsek Medan Timur. Mereka terpaksa ditembak lantaran coba melawan saat penangkapan.

Identitas kedua pelaku yakni Zainal (45) dan Said Ubai (35) warga Jalan Pasar III, Kecamatan Medan Timur. Mereka diketahui belum lama beraksi dalam rumah dan toko di Jalan Pasar III, Kelurahan Glugur Darat, Medan Timur.

"Kedua pelaku ini sudah dua kali mencuri dalam rumah maupun ruko di wilayah hukum kami. Anggota di lapangan terpaksa melumpuhkan dengan tembakan di kaki karena mereka melawan saat ditangkap," ujar Kapolsek Medan Timur Kompol M Arifin, Rabu (9/9/2020).

Menurutnya, modus kedua pelaku yakni memasuki rumah maupun ruko yang kosong ditinggal pemiliknya. Mereka kemudian masuk dengan cara mencongkel pintu setelah itu menggasak barang berharga.

"Kami jerat kedua tersangka dengan pasal pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukumannya penjara tujuh tahun," katanya.

Sementara itu pengakuan Zainal, dia nekat melakukan aksi kejahatan karena butuh uang untuk memenuhi kebutuhan keluarga akibat pandemi Covid-19. Selain itu, uang hasil penjualan barang curian juga dia pergunakan membeli narkoba.

"Saya dulu bekerja sebagai teknisi gas. Karena pandemi ini butuh uang dan nekat mencuri. Uang untuk kebutuhan keluarga dan kelakuan (pakai narkoba)," ucapnya.

Selain kedua tersangka, polisi turut menyita sejumlah barang bukti berupa alat musik, mesin pendingin ruangan dan sejumlah baju hasil kejahatan. Kasus ini sudah dalam penanganan Polsek Medan Timur.

sumber: inews.id