HETANEWS.COM

PN Siantar Raih Gelar Pengadilan Terfavorit Ke-2 Se-Indonesia

Kunjungan Hakim Tinggi Sumut ke PN Siantar yang mendapat penghargaan sebagai Pengadilan Terfavorit ke-2 dari Badilum MA RI. (foto/ay)

Siantar, hetanews.com - Pengadilan Negri (PN) Klas IB Pematangsiantar, mendapat penghargaan sebagai Pengadilan Terfavorit ke - 2 se – Indonesia, setelah Pengadilan Bangil (Jawa Timur), dan juga sebagai finalis 15 Pengadilan terbaik se-Indonesia, dalam kategori Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), di lingkungan Badan Peradilan Umum (Badilum) Mahkamah Agung RI.

Piagam penghargaan diterima, pada 18 Agustus 2020 lalu, dan hari ini, Rabu (9/9/2020), PN Siantar menerima  kunjungan dari Hakim Pengadilan Tinggi Sumut, selaku hakim pengawas PTSP. 

Ke-4 hakim yang meninjau langsung PN satu - satunya di Sumut yang masuk dalam kategori favorit tersebut, adalah Ardianda Patria, Poltak Sitorus, Sahman Girsang dan Pahatar Simarmata.

Menurut salah satu hakim tinggi tersebut, di sela - sela kunjungannya mengatakan "lebih baik terfavorit yang artinya lebih banyak dilihat masyarakat dan disukai banyak pihak,"paparnya sambil tertawa.

Demikian dikatakan Ketua PN Klas IB Siantar, Danar Dono, kepada wartawan, sore tadi, di kantornya.

Sebelumnya, kami merasa bangga karena masuk dalam kategori terbaik PTSP (15 peradilan) dan terfavorit (3 peradilan). Dengan harapan, akan lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan, sebut Danar.

Sebelumnya, Humas PN Siantar, Rahmat Hasibuan menjelaskan, jika penilaian terbaik PTSP dan kategori favorit dilakukan dalam 2 tahapan.

Setelah memberikan dokumen dan video, PN Siantar masuk finalis, jelasnya.

Tentu saja, hal ini menjadi karya PN Siantar yang selama ini telah berupaya dan bekerja secara maksimal memberikan yang terbaik dalam pelayanan, khususnya kepada masyarakat pencari keadilan, di Siantar.

Dikatakan Rahmat, dalam penanganan perkara pidana maupun perdata disidangkan oleh 10 hakim, termasuk Ketua Pengadilan, Danar Dono SH MH, dibantu 8 panitera pengganti, 28 pegawai  dan honorer.

Dari jumlah sekitar 380 perkara pidana/tahun dan sekitar 101 perkara perdata, diselesaikan sesuai dengan jangka waktu penanganannya.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!