Hetanews.com - PT KAI Divre 1 Sumatera Utara membongkar sejumlah pemukiman liar yang berada di dekat emplasemen Belawan sebagai upaya menjaga keamanan perjalanan kereta api dan masyarakat.

Manager Humas KAI Divre 1 Sumut Mahendro Trang Bawono dalam keterangannya, Sabtu (5/9) mengatakan bahwa berdasarkan aturan, ruang yang terdapat di sisi jalur kereta api harus terbebas dari segala rintangan dan benda penghalang di kiri, kanan, atas, dan bawah jalan rel.

Dalam penertiban yang dilakukan, ada sebanyak 214 bangunan liar di sepanjang rel KA Medan-Belawan dibongkar. Bangunan tersebut dibongkar lantaran tidak mengindahkan peringatan yang sudah diberikan KAI untuk membongkar sendiri bangunannya.

"Untuk menjaga keselamatan perjalanan kereta api, sangat dibutuhkan peran masyarakat dalam menaati dan patuh terhadap rambu-rambu di perlintasan sebidang dengan jalur kereta api seperti tidak mendirikan bangunan di kawasan itu," kata Mahendro.

Dijelaskan Mahendro, mendirikan bangunan liar di sepanjang rel KA sudah melanggar aturan yang berlaku. Pelanggar dapat diancam pidana penjara paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp100 juta.

Kawasan pemukiman liar yang sudah dibongkar kemudian akan diamankan KAI dengan mendirikan pagar pembatas sementara.

Sumber: indozone.id