Medan, hetanews.com - Sebuah granat jenis MK1 yang diduga peninggalan Perang Dunia (PD) ke II ditemukan di Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara (Sumut). Granat ini ditemukan seorang warga di pinggir sungai.

"Bom jenis granat militer MK 1 ditemukan di pinggir sungai di Desa Naga Kesiangan, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Sergai, Sabtu (5/9/2020). Bom diduga sisa zaman Perang Dunia II ditemukan seorang warga bernama Sabaruddin yang saat itu sedang memancing," kata Kasubden Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut, AKP Daud Pelawi, Minggu (6/9).

Setelah menemukan granat, Sabaruddin langsung menghubungi kepolisian. Subden Jibom yang mendapatkan informasi langsung turun ke lokasi penemuan granat.

"Melihat benda aneh tersebut, Sabaruddin reflek meletakkan benda tersebut ke dalam ember yang kebetulan dibawanya pada saat memancing dan melaporkannya ke Polsek Tebing Tinggi yang langsung berkoordinasi dengan Subden Jibom Brimob Polda Sumut," ujar Daud Pelawi.

Daud menjelaskan, granat yang ditemukan warga itu sudah didisposal (dimusnahkan). Proses disposal dilakukan dengan meledakkan granat itu.

"Kasubden Jibom memerintahkan Operator 1 untuk melaksanakan Disposal dengan menyiapkan Bahan peledak yang akan digunakan untuk Pendisposalan. Pendisposalan dilakukan sekitar pukul 16.30 WIB," jelasnya.

sumber: detik.com