HETANEWS.COM

Parah, Ada Apa Sampai KPUD Simalungun Batasi Jurnalis Untuk Meliput Pendaftaran Calon Bupati

Tampak kondisi para jurnalis yang kesulitan meliput pendaftaran claon bupati (foto/juindra)

Simalungun, hetanews.com - "Siapa cepat dia dapat" istilah seperti itulah yang saat ini diberlakukan oleh Komisi Pemilihan Umum  Daerah (KPUD)  Kabupaten Simalungun kepada jurnalis yang meliput pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Simalungun, Anton Saragih dan Rospita Sitorus.

Jurnalis yang dapat meliput hanya ada 9 orang sementara di jurnalis yang datang lebih dari 20 orang baik dari media elektronik, cetak, dan televisi.

Ketua KPUD Simalungun , Raja Ahab Damanik, mengatakan bahwa pembatasan dilakukan karena situasi Covid-19, dan sudah ada dalam peraturan PKPU.

"Yang duluan mendaftar dialah yang bisa masuk," kata Raja Ahab.

"Kalau mau ambil gambar sebaiknya diambil dari live streaming yang ada didepan layar," tambahnya.

Jurnalis yang tidak bisa meliput secara langsung pun ramai-ramai melakukan protes.

Andika Aritonang dari Metro TV mengatakan harusnya diumumkan jauh hari kalau ada pembatasan media untuk meliput.

"Seharusnya dibuka informasi sebelum hari H kalau ada pembatasan dalam meliput, ini kan tidak, kecuali sebelum hari H dibuat pengumuman itu, kami terlambat pun tidak jadi masalah," kata Andika

Hal yang sama juga diungkapkan jurnalis media cetak Perjuangan Baru, S Nainggolan,  dikatakannya bahwa dirinya tidak mau terlambat mengambil momen dengan wartawan lain terkait foto maupun berita.

"Kami tidak mau ketinggalan moment, harusnya diumumkan dulu, Jangan setelah ribut kayak gini baru kalian bicara, kami tidak boleh punya foto sama dengan wartawan lain," katanya.

Karena aksi protes tersebut, Raja Ahab mengatakan akan bergantian meliput berita per lima menit, hanya saja petugas KPUD tetap tidak mengizinkan meskipun sudah lebih dari 5 menit.

"Jangan gitulah bang, mana ada dibilang kalau gitu, nanti aku dipecat," kata petugas KPUD sembari merentangkan tangannya menghalangi jurnalis masuk untuk meliput.

Penulis: juindra. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan