Medan, hetanews.com - Video Penampakan seekor buaya di Sungai Deli sempat menghebohkan warga Kota Medan. Terutama bagi yang bermukim di seputaran aliran sungai.

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara yang mendapat informasi itu kemudian melakukan pencarian terhadap buaya tersebut. Pencarian difokuskan di lokasi awal buaya terlihat. Yakni di salah satu komplek perumahan di Kecamatan Deli Tua.

“Kita melihat dari media sosial dan teman-teman sudah turun tanggal 31 Agustus dan setelah ditanya sama masyarakat sekitar mengatakan memang betul melihat buaya dan pada saat teman-teman mencari belum dapat ditemukan," ujar Kepala BBKSDA Sumatera Utara, Hotmauli Sianturi, seperti dilansir Medanheadlines.com (jaringan media Suara.com), Rabu (2/9/2020).

Menurut Hotmauli, pihaknya masih terus melakukan pencarian. Namun mengingat pada Senin (31/8) sempat terjadi hujan cukup deras sehingga membuat Sungai Deli meluap.

"Tanggal 31 Agustus kan hujan deras dan agak banjir, kemungkinan buaya itu menghilang dari lokasi," katanya.

Sejatinya, kata Hotmauli, di kawasan tempat kemunculan buaya itu sebenarnya tempat habitat buaya.

“Yang jelas ini bukan habitat buaya, kemungkinan itu lepas dari peliharaan warga. Karena sudah dua hari teman-teman melakukan pencarian tapi tidak ketemu. Kemungkinan pas hujan tanggal 31 itu dia terbawa," ungkap Hotmauli.

Hotmauli menuturkan, sebelumnya juga pernah ada warga yang melihat buaya di aliran Sungai Deli di daerah Jalan Juanda dan warga berhasil menangkap satu ekor buaya.

Dia menambahkan, pihaknya akan tetap melakukan pencarian terhadap buaya yang dilihat warga di Deli Tua.

“Kita akan terus cari, setidaknya seminggu sekali kita pantau. Kalaupun ada informasi dari warga yang melihat buaya itu segara laporkan dan kami akan langsung turun untuk menangkapnya," imbuh Hotmauli.

Sumber: suara.com