HETANEWS.COM

Sambut Wisatawan, Penerapan Protokol Kesehatan Pulau Samosir Dievaluasi

Sekda Provinsi Sumut R Sabrina mengunjungi pusat informasi Geopark Kaldera Toba dan beberapa destinasi wisata di Danau Toba untuk mengevaluasi kesiapan penerapan protokol kesehatan, Senin (31/8/2020). Foto: Dok: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi Sumut

Medan, hetanews.com - Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara R Sabrina bersama Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumut Ria Telambanua melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Samosir.

Kunjungan kerja juga diikuti Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Sumut Nurlela dan Kepala Biro Perekonomian Ernita Bangun.

Mereka mengunjungi beberapa destinasi wisata seperti Gedung Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba di Sigulati, Sianjur Mula-mula Samosir, Batu Hoda Beach di Simanindo, Pantai Pasir Putih Parbaba dan Taman Wisata Religi Goa Maria Palipi di Pangururan.

Mereka melihat panen bawang merah serta Pelabuhan Tigaras di Kabupaten Simalungun. Kehadiran mereka untuk mengevaluasi sejauh mana penerapan protokol kesehatan diterapkan, seiring mulai dibukanya beberapa lokasi wisata di pulau yang berada di tengah Danau Toba ini.

Mereka juga meninjau kesiapan sarana dan prasarana penyelenggaraan rapat kerja nasional Kementerian PPPA yang dijadwalkan pada September 2020 di Kabupaten Samosir.

"Geopark Kaldera Toba sudah menjadi anggota Unesco Global Geopark. Ada beberapa hal yang perlu pembenahan dan hal-hal yang perlu dipertimbangkan," kata Sabrina dalam keterangan tertulisnya, Senin (31/8/2020).

Menurut Sabrina, penyuluhan dan sosialisasi diberikan kepada masyarakat, terutama pengelola wisata. Mereka harus menyiapkan tempat mencuci tangan dan meminta pengunjung untuk terlebih dahulu mencuci tangan dan memeriksa suhu tubuh.

Begitu juga di pelabuhan, begitu sampai di dermaga langsung dicek suhu badan dan diberikan hand sanitizer.

"Tampaknya sudah mulai diterapkan, meski ada beberapa tempat dan masyarakat yang belum menerapkan protokol kesehatan. Walaupun Samosir zona hijau, masyarakat dan pengelola wisata harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Jangan nanti datang turis, protokol kesehatan tidak dilakukan. Nanti malah terjadi penyebaran pula di daerah ini, itu yang kita jaga," ucap dia.

Semangat baru wisata Danau Toba

Kementerian PPPA kembali menjadwalkan Rakornas untuk wilayah barat pada September mendatang. Sebelumnya dijadwalkan Maret 2020, namun tertunda karena wabah Covid-19.

Sabrina berharap, Rakornas ini memberi semangat baru pertumbuhan wisata di Danau Toba. Sekitar 150 peserta akan mengunjungi Danau Toba dalam kegiatan itu.

"Ini sangat bagus karena dapat meggerakkan ekonomi. Kita melihat kapasitas outdoor untuk menyambut mereka. Melihat di mana posisi event akan dilaksanakan dan memikirkan penginapan mereka," kata Sabrina.

Saat bersilaturahim dengan Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga, disebutkan bahwa Pemkab Samosir mewacanakan membangun dua wisata baru, yakni wisata area dan agro wisata.

Juang meminta Pemprov Sumut membantu memberikan pelatihan dan sosialisasi kepada masyarakat terkait kerajinan yang dapat menumbuhkan UMKM setempat.

"Kita mengarahkan masyarakat untuk sadar mengembangkan desa wisata. Kita minta bantuan Pemprov Sumut melatih dan sosialisasi ke masyarakat," kata Juang.

Sumber: kompas.com

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!