HETANEWS.COM

Dua Kurir Sabu Minta Keringanan Hukuman Pasca Dituntut 5,6 Tahun Penjara

Terdakwa Supiyandi dan Aseng. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Dua Kurir sabu, Supiyandi Daulay (38), warga Sei Suka Batubara dan Bayu Nurhakim als Aseng (20), warga Dusun Simpang Bandar, masing - masing dituntut hukuman 5,6 tahun penjara, denda Rp1 milyar, subsider 6 bulan penjara.

Surat tuntutan jaksa Juna Karo Karo SH, dibacakan dalam persidangan online PN Simalungun, Senin (31/8/2020).

Menurut jaksa, keduanya telah terbukti bersalah, melanggar pasal 114 (1) UU RI No 35/2009 tentang tanpa hak atau melawan hukum, menjadi perantara dalam jual beli narkotika.

Hal yang memberatkan para terdakwa karena tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan narkotika. Sedangkan hal yang meringankan, terdakwa bekum pernah dipidana.

Kedua terdakwa ditangkap personil Polsek Perdagangan, saksi J Napitupulu, J Simbolon dan Bambang Lesmono, pada Rabu, 18 Maret 2020 lalu, di jalan umum Kecamatan Bandar Masilam.

Petugas lebih dulu, menangkap terdakwa Supiyandi yang mengendarai sepeda motor menuju Batu bara.

Dari terdakwa, disita sepaket sabu yang diakui diterima dari terdakwa Aseng, di Kampung Pesantren. Supiyandi juga mengakui, baru saja menyetorkan Rp800 ribu, kepada Udin als Tulang (DPO), melalui Aseng.

Petugas juga berhasil menangkap Aseng, di salah satu warung, di Kampung Pesantren dan menyita uang hasil penjualan narkotika senilai Rp800 ribu dari terdakwa Supiyandi. Dalam persidangan, terdakwa didampingi, Harfin Siagian SH, memohon kepada hakim agar hukumannya diringankan. Dengan alasan menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi lagi.

"Saya mohon dihukum seringan-ringannya yang mulia, saya menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi lagi, “kata terdakwa secara bergantian.

Untuk mendengarkan putusan hakim, ketua majelis hakim, Roziyanti, didampingi dua hakim anggota, Aries Ginting dan Yudi Darma SH, menunda persidangan hingga Senin mendatang.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan