HETANEWS.COM

Satu Unit Rumah Permanen Dirobohkan di Siantar, Pemilik Rumah Histeris

Petugas kepolisian melakukan penjagaan di lokasi objek perkara. (foto/leo)

Siantar, hetanews.com - Pengadilan Negeri (PN) Kota Siantar, mengeksekusi sebidang tanah, berserta bangunan, di Jalan Bah Birong Ujung, Kelurahan Sigulang-gulang, Kecamatan Siantar Utara, Kota Siantar, Jumat (28/8/2020) siang tadi, pukul 11.00 WIB.

Rumah permanen tersebut, dikosongkan, lalu dirobohkan oleh pihak PN. Eksekusi itu dilakukan karena sangketa tanah warisan antara Sarmahalim Purba (sebagai penggugat) dengan saudara kandungnya, Ikut Raja Tua Purba (sebagai tergugat).

Menurut informasi yang dihimpun hetanews, perkara sangketa tanah warisan tersebut, sudah terdaftar di pengadilan sejak tahun 2001 silam.

Pada gugatan pertama, pihak Ikut Raja Purba, memenangkan perkara tersebut.

Diketahui, pihak Sarmahalim, kemudian melayangkan gugatan, pada tahun 2001 ke PN Siantar dengan nomor register, No. 21/PDT.G/2001/PN-PMS, dengan objek perkara seluas 4800 meter persegi.

Atas kemenangannya, Ikut Raja Purba mengajukan banding di Pengadilan Tinggi Medan dengan Nomor 97/PDT.2002/PDT-MDN.

Selanjutnya pada Tahun 2002 Pengadilan Tinggi Medan, menguatkan putusan PN Siantar dan menyatakan dalam perkara tersebut, dengan objek perkara tanah seluas 12 rantai adalah milik Sarmahalim Purba dan telah berkekuatan hukum tetap.

Tak terima dengan kekalahannya, selanjutnya pada tahun 2003, Ikut Raja Purba melalui Kuasa Hukumnya, melakukan upaya kasasi Ke Mahkamah Agung, teregister Nomor 677K/PDT/2003.Jo No.21/PDT.G/2001/PN-PMS.

Dengan amar putusan, menghukum Ikut Raja Purba, sebagai Pemohon Kasasi untuk mengosongkan lahan dan bangunan di atas objek terpekara, dan menguatkan putusan pengadilan Tinggi Medan.

Pertarungan belum selesai, selanjutnya pada tahun 2015, pihak Ikut Raja Purba, melayangkan permohonan agar dilakukan Penijauan Kembali (PK) atas objek tanah berperkara tersebut.

Berbagai upaya hukum dilakukan oleh Ikut Raja Purba, namun semua putusan, dimenangkan oleh Sarmahalim Purba.

Hingga Jumat (28/8/2020) siang tadi, pihak PN Siantar, mendatangi objek perkara dan melakukan pengosongan objek perkara.

Penulis: leo. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!