HETANEWS.COM

Diskotek di Medan Sudah Buka di Tengah Pandemi, Bioskop Menyusul

Ilustrasi bioskop. Foto: Getty Images/Stringer

Medan, hetanews.com - Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengatakan tempat hiburan seperti diskotek yang ada di Kota Medan sudah buka kembali di tengah pandemi Corona. Sedangkan bioskop masih belum dibuka.

"Seluruhnya (diskotek) sudah buka," tutur Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan, Agus Suriyono, saat dimintai konfirmasi, Rabu (26/8/2020).

Agus mengatakan pengelola bioskop di Medan sudah melaporkan akan kembali beroperasi pada September 2020. Namun, dia belum menjelaskan bioskop mana yang dimaksud.

"Untuk di Medan sampai saat ini bioskop belum ada yang buka, tapi sudah ada dari pengelola bioskop yang melaporkan pada awal September 2020 sudah akan membuka bioskopnya," kata Agus.

Agus menjelaskan semua tempat hiburan wajib mengikuti aturan dalam Perwal Nomor 27 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru pada Kondisi Pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) di Kota Medan. Menurutnya, tempat hiburan bisa buka asal mematuhi protokol kesehatan.

"Berdasarkan Perwal 27 Tahun 2020 memungkinkan dibukanya semua usaha pariwisata asal mempedomani perwal tersebut dan protokol kesehatan," jelasnya.

Dalam Perwal 27 Tahun 2020 itu, aturan tentang diskotek hingga bioskop tertera pada pasal 20. Pada poin ke 3 di pasal itu dijelaskan kewajiban pengelola jika tempat hiburan dibuka.

Kewajiban itu yakni melarang pengunjung yang tidak menggunakan masker untuk masuk, menyediakan alat pengukur suhu badan, melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala di tempat hiburan, hingga menyediakan ruangan kesehatan. Sementara itu kewajiban pengunjung diatur dalam poin ke 5.

Pengunjung tempat hiburan wajib menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengukur suhu tubuh dan melaporkan kepada petugas jika terdapat gejala Corona di tempat hiburan. Jam operasional kegiatan di tempat hiburan juga diatur dalam pasal ini.

Pada poin ke 6 pasal 20 itu dituliskan jam operasional tempat hiburan mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB dan hari Sabtu, Minggu, dan hari libur umum dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB. Terkhusus untuk diskotek/pub/live music jam operasional dimulai dari pukul 20.00 WIB sampai pukul 03.00 WIB

Sumber: detik.com

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan