HETANEWS.COM

1 Jemaat Gereja GBI di Gunungsitoli Positif Covid-19, Puluhan Warga Rapid Test

Puluhan warga jemaat GBI Luaha Bethani Pasar Yaahowu Gunungsitoli, Nias, menjalani rapid test massal, Sabtu (22/8/2020). (Foto: iNews/Iman Jaya Lase)

Gunungsitoli, hetanews.com - Seorang warga jemaat Gereja Bethel Indonesia (GBI) Luaha Bethani Pasar Yaahowu Gunungsitoli, Nias, diketahui positif Covid-19 dan saat ini diisolasi. Pascatemuan kasus tersebut, kerabat dan jemaat menjalani rapid test massal.

Puluhan warga dan kerabat yang merasa telah melakukan kontak fisik dan bertemu dengan pelayan gereja berinisial SZ itu di beberapa acara, menjalani pemeriksaan rapid test di UPTD Puskesmas Kecamatan Gunungsitoli, Sabtu (22/8/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli Wilser Napitupulu yang dikonfirmasi sejumlah media di lokasi tersebut menyebutkan, ada 49 warga yang datang memeriksakan dirinya dan kemungkinan akan bertambah.

“Sampai saat ini, ada 49 orang warga yang datang untuk dirapid test. Mereka rata-rata dari warga gereja dan juga yang sempat datang di acara pemakaman keluarga SZ beberapa hari lalu serta di acara ulang tahun,” kata Wilser di Gunungsitoli.

Dari hasil pemeriksaan 49 orang tersebut, terdapat beberapa orang reaktif dari hasil rapid test. Namun, jumlahnya belum dipastikan karena pemeriksaan terus berlanjut hingga beberapa hari ke depan.

Dia menjelaskan, SZ termasuk pasien yang merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG). Saat ini, SZ diisolasi di tempat pasien Covid-19 yang disediakan oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli, yakni di Hotel Caesar Gunungsitoli Selatan.

“SZ tidak memiliki riwayat perjalanan dari zona merah namun kemungkinan tertular dari warga lain yang positif Covid-19 dengan kategori orang tanpa gejala (OTG),” tuturnya.

Kepala Dinas Kesehatan mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Bagi masyarakat yang merasa dirinya telah bertemu bahkan kontak fisik dengan SZ, diminta agar memeriksakan diri untuk memutus penyebaran Covid-19 di Kota Gunungsitoli.

Sementara hingga saat ini, di Kota Gunungsitoli tercatat sudah dua orang positif Covid-19 dan saat ini diisolasi di salah satu hotel di kota ini. Sementara di Kabupaten Nias Utara sebanyak tujuh orang positif. Kemudian, di Kabupaten Nias Barat 1 orang yang merupakan anggota DPRD Kabupaten Nias Barat dan saat ini isolasi mandiri di kediamannya.

sumber: iNews.id

Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan