Tapanuli, Hetanews.com - Angin puting beliung merusak rumah warga di beberapa lokasi di Kecamatan Porsea dan Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba, Jumat (21/08/2020) sore hari.

Mendapat laporan atas bencana alam yang terjadi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Toba dr Pontas Batubara melalui Kabid Darlok Nelly Tobing SE menyampaikan telah menurunkan 13 personil BPBD dan 1 unit tenda pleton.

“Setelah mendapat informasi, kita langsung turun ke lokasi untuk mebantu masyarakat bergotong royong dan memasang tenda pleton guna menampung korban musibah”, sebut Nelly mengakui masih berada di lokasi bersama tim BPBD di Huta Lumban Tobga-tonga, Sosor sitamba, desa Lumban Huala, Kecamatan Parmaksian.

Disebutkan, informasi sementara, sebanyak 7 unit rumah dengan kondisi rusak parah dan 2 unit dengan kondisi rusak ringan. Tidak ada korban jiwa dalam musibah yang terjadi, namun 2 orang warga mengalami luka ringan.

Di lokasi berbeda, Kepala Desa Lumban Gurning, Kecamatan Porsea, Laksahui Gurning mengatakan, angin puting beliung bersamaan dengan hujan deras yang terjadi sekitar pukul 15.30 hingga 16.00 wib mengakibatkan kerusakan antara lain, rumah, mesjid, madrasah, kantor KUA dan posko Covid.

“Beberapa rumah warga rusak parah sedangkan lainnya rusak sedang. Tidak ada korban jiwa dan hingga kini kita masih bergotong royong bersama warga”, sebutnya saat dihubungi melalui selulernya.

Hingga berita ini dikirimkan, personil BPBD di lokasi musibah di Kecamatan Parmaksian dan Kepala Desa Lumban Gurning, Kecamatan Porsea Laksahui Gurning bersama warga masih melakukan gotong royong.

Informasi yang diperoleh, angin puting beliung juga menerjang pemukiman di Simpang Sigura-gura.(Aldy)