Simalungun, hetanews.com – Nekat menanam pohon ganja, Hairul Anwar Lubis alias Irul (40), diringkus di kediamannya, di Huta II, Nagori Sei Mangke, Kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun.

Selain Hairul, petugas juga membekuk dua orang temanya, yakni Yahabu Kusuma alias Wahab (21) dan Toni (25), warga Huta III, Nagori Tambean, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun.

"Awalnya kita menangkap tersangka Hairul Anwar Lubis alias Irul, di kediamannya, namun saat kita lakukan penggeledahan badan, kita tidak menemukan barang bukti. Selanjutnya saat dilakukan pencarian barang bukti, kita menemukan, di pekarangan belakang rumahnya, berupa satu batang pohon ganja," ungkap Kasat Narkoba Simalungun, AKP Adi Haryono, Jumat (21/8/2020) pagi, sekira pukul 09.30 WIB.

Menurut pengakuan tersangka, pohon ganja yang ditanam itu akan digunakan sendiri. Tidak hanya itu saja, personil Sat Narkoba Polres Simalungun, juga menemukan sejumlah barang bukti, berupa 2 kaca pirex yang digunakannya untuk menggunakan sabu, 3 hari sebelumnya.

"Kepada kita, Irul mengakui, kalau dirinya mengakui mendapat sabu itu dari pria bernama Wahab yang berada di pondok Tiga Sei Mangke," ucapnya.

Setelah mendapat informasi tersebut, personil langsung melakukan pengembangan ke tempat yang telah ditunjuk Irul. Tidak lama berselang, petugas berhasil menangkap Wahab dan Toni di kediaman Wahab, katanya.

"Dari penangkapan keduanya, kita berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, berupa 3 bungkus plastik klip berisi narkotika jenis sabu dengan berat 0,57 gram, 3 bungkus plastik klip kosong, 1 bungkus kotak rokok Sampoerna, 1 set alat hisab sabu, dan 3 unit Hp," imbuhnya.

Dan saat kita interogasi, mereka berdua mengakui, kalau barang tersebut memang milik mereka yang sebagian telah mereka gunakan berdua, dan Toni merupakan yang membeli sabu tersebut.